Sejawatnya Minta Tolong Firli CS Kerja di BUMN, Novel Tak Percaya

NASIONAL  SELASA, 14 SEPTEMBER 2021 | 17:45 WIB | Aldi Rinaldi

Sejawatnya Minta Tolong Firli CS Kerja di BUMN, Novel Tak Percaya

Novel Baswedan / net

Penyidik senior yang tak lolos Test Wawasan Kebangsaan (TWK) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku tak percaya soal sejawatnya meminta pekerjaan lain dari Firli Bahuri Cs.

Hal itu diutarakan Novel saat merespons pernyataan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang menduga ada pegawai KPK yang tak lolos TWK meminta tolong kepada pimpinan.

"Soal apa yang disampaikan oleh pak Nurul Ghufron bahwa ada pegawai yang minta tolong ke yang bersangkutan, maaf, saya tidak percaya," kata Novel di Jakarta, Selasa (14/9).

Novel menyebut, Ghufron salah kaprah dengan maksud permintaan tolong dari pegawai nonaktif. Menurutnya, permintaan tolong yang disampaikan pegawai bukan untuk meminta pekerjaan lain.

"Kalau pun ada pegawai yang minta tolong, barangkali pegawai tersebut meminta agar pimpinan tidak melanggar hukum dan bertindak sewenang-wenang yang itu merusak kaidah dasar integritas dan merugikan KPK," ujarnya.

Sebelumnya, Ghufron membantah kabar yang menyebut pihaknya meminta pegawai nonaktif mengundurkan diri untuk kemudian diusulkan bekerja di BUMN.

"Yang jelas dari kita enggak ada meminta pengunduran diri dan lain-lain," kata Ghufron, Selasa (14/9).

Ghufron mengaku tidak mengetahui perihal surat permohonan penyaluran pegawai nonaktif ke perusahaan pelat merah. Kemungkinan, menurut dia, pegawai tersebut yang meminta bantuan pimpinan.

"Yang jelas form-nya (surat permohonan) saya enggak tahu. Kalau ditawari, itu bukan ditawari, mereka itu katanya sih, ya, mereka nanya masa sih pimpinan enggak memikirkan mereka," jelasnya.

Artinya, kata Gufron, mereka yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan macam-macam levelnya, ada yang melawan, kemudian ada yang meminta tolong.

"Mungkin ada yang minta tolong begitu, mereka mungkin inisiasi di antara mereka sendiri, itu mungkin," pungkas Ghufron. [irm]


Komentar Pembaca
Preman Jadi Mualaf

Preman Jadi Mualaf

Ahad, 26 September 2021 | 18:55

Tragis Pensiunan Polisi Ngemis Jadi Manusia Silver