Waspada! Masuk Musim Hujan, Sumsel Berpotensi Terserang Bencana Alam

Daerah  SELASA, 14 SEPTEMBER 2021 | 15:15 WIB | Irmayani

Waspada! Masuk Musim Hujan, Sumsel Berpotensi Terserang Bencana Alam

net

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel mengingatkan masyarakat di sejumlah daerah untuk waspada ancaman banjir dan longsor, memasuki musim hujan.

BPBD Sumsel, Iriansyah mengatakan, masa peralihan musim dari kemarau ke hujan membuat sejumlah daerah di Sumsel berpotensi terserang bencana alam. Ancaman banjir, longsor dan puting beliung berpotensi terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

“Untuk daerah rawan banjir dan longsor, di Sumsel sudah kita petakan ada di OKU Selatan, Musi Rawas, Muratara, Pali, Pagar Alam, Lahat, Empat Lawang, yang umumnya terjadi di daerah dataran tinggi dan sedang,” kata Iriansyah.

Sementara untuk daerah yang rawan bencana banjir berada di daerah dataran rendah. “Mulai dari wilayah Ulu di Muratara, Mura, Muba, Banyuasin, OKU, OKU Timur, Pali, OI, dan Palembang,” jelas dia.

Untuk mengurangi risiko bencana alam, pihak BPBD dan stakeholder di daerah terus melakukan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu, dinas terkait melakukan pengerjaan infrastruktur seperti dinding penahan sungai, dinding penahan di perbukitan, dan menambah resapan air.

“Paling tidak kita mengurangi risikonya. Belum ada teknologi untuk menghentikan bencana tetapi kita bisa mengantisipasi bencana yang mengancam manusia,” pungkasnya.[irm]


Komentar Pembaca
Preman Jadi Mualaf

Preman Jadi Mualaf

Ahad, 26 September 2021 | 18:55

Tragis Pensiunan Polisi Ngemis Jadi Manusia Silver