Tak Bisa Pegang Stik Drum Lagi, Phil Collins Frustasi

Islamtainment  MINGGU, 12 SEPTEMBER 2021 | 19:15 WIB

Tak Bisa Pegang Stik Drum Lagi, Phil Collins Frustasi

Musisi Phil Collins/Net

Musisi Phil Collins dikabarkan tidak lagi dapat memegang stik dan menabuh drum karena alasan kesehatan. Musisi berusia 70 tahun yang gemar menyanyi dan andal membuat lagu itu merasa frustrasi akan masalah kesehatan yang dialami.

"Saya ingin tetap bermain, namun Anda tahu, saya hampir tidak bisa memegang stik drum lagi, ada hal-hal fisik tertentu yang menghalangi saya memegang stik drum," ujar Collins dalam wawancara dengan BBC Breakfast sebagaimana dikutip dari CNN (10/9).

Sehingga, posisi Collins sebagai penabuh drum Genesis akan digantikan putranya, Nic Collins, selama masa promosi tur Genesis yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Meski senang dapat bermain bersama anaknya, tetapi Collins sedih dengan keterbatasan fisik yang dialaminya, "Saya kesulitan secara fisik, hal ini membuat saya frustasi, karena saya ingin berada di panggung bermain dengan putra saya," kata Collins.

Dalam tur Genesis, Collin disebut tetap tampil walau hanya bernyanyi. Meski begitu, dirinya ragu dapat melanjutkan tur dengan kondisi fisik dan kesehatan seperti ini.

"Saya pikir ya, menurut saya, saya tidak tahu apakah dapat menyelesaikan tur ini," ujarnya.

Selama bertahun-tahun Phil Collins sudah mengalami serangkaian masalah kesehatan tulang. Pada 2015 ia mendapat operasi punggung yang berakhir dengan kerusakan saraf.Pada 2017, ia terjatuh dan membuatnya mesti dibantu dengan tongkat untuk berjalan.

Phil Collins tidak hanya sukses bersama Genesis namun juga solo karir. Solo karirnya dimulai pada medio 80 sampai 90-an, selama masa solo karir Phil banyak menciptakan lagu yang populer seperti 'Against All Odds, One More Night, dan In the Air Tonight' dan berhasil menyabet 8 Grammy Awards.

Mengutip Grammy, tahun 2011 dirinya sempat menyatakan pensiun namun aktif kembali bermusik pada 2017 dalam perhelatan tur Still Not Dead Yet.[tyo]


Komentar Pembaca