Mulai Hari Ini, Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

BERITA  SABTU, 11 SEPTEMBER 2021 | 12:20 WIB

Mulai Hari Ini, Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

foto/net

PT KAI, Kereta Rel Listrik (KRL) CommuterLine, mulai hari ini, Sabtu (11/9) mewajibkan calon penumpang untuk menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat untuk menggunakan KRL tersebut.  

"Mulai besok (hari ini), seluruh pengguna KRL diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin, minimal dosis pertama atau dengan melakukan scan kode QR di aplikasi Pedulilindungi saat akan naik KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangan tertulis, Jumat (10/9) malam.

Anne menjelaskan, sejalan dengan pemberlakuan sertifikat vaksin, maka untuk STRP, surat keterangan dari instansi atau perusahaan, maupun dokumen lainnya sudah tidak berlaku lagi.

Anne pun meminta, saat tiba di stasiun, pengguna KRL sudah mempersiapkan sertifikat vaksin dengan kartu identitas, sehingga petugas di lapangan dengan mudah melakukan pemeriksaan.

"Sertifikat vaksin yang ditunjukkan bisa dalam bentuk cetak, digital, maupun melalui scan kode QR dengan aplikasi Peduli Lindungi," tambah Anne.

Anne juga menyampaikan, bahwa sejak pemberlakuan sosialisasi wajib vaksin, volume pengguna KRL masih stabil. Pada Rabu (8/9) dan Kamis (9/9), tercatat volume pengguna KRL pada rata-rata adalah 295.778 orang per hari.

Angka tersebut bertambah sekitar dua persen dibanding pada Senin (6/9) dan Selasa (7/9) sebelum masa sosialisasi pemberlakuan wajib vaksin, dengan rata-rata 289.146 pengguna per hari.

"KAI Commuter kembali mengingatkan kepada para pengguna bahwa aturan mengenai pembatasan jumlah pengguna yang dapat naik KRL masih berlaku. Petugas akan melakukan penyekatan dan antrean di stasiun guna mencegah kepadatan di dalam KRL," pungkas Anne. [mt]


Komentar Pembaca