Pemprov DKI Akan Menindak Tegas Penjual Daging Anjing di Pasar Senen

BERITA  SABTU, 11 SEPTEMBER 2021 | 11:50 WIB | Aldi Rinaldi

Pemprov DKI Akan Menindak Tegas Penjual Daging Anjing di Pasar Senen

foto/net

Moeslimchoice. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria angkat bicara soal temuan daging anjing di Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang sempat viral di media sosial.

"Saya belum mendapat informasi dari Pasar Jaya, laporannya. Namun jika benar, ini akan ditindak tegas dan dan diberi sanksi sesuai ketentuan," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/9) malam.

Ia pun menugaskan PD Pasar Jaya untuk mengusut hal tersebut. Menurutnya, mengkonsumsi daging anjing merupakan pelanggaran.

"Nanti biar Pasar jaya yang mengatur dan nanti ada aparat yang akan menyelidiki kasusnya," tutur Politikus Senior Gerindra ini.

Riza juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menyerahkan kasus tersebut untuk ditangani dan diselidiki lebih lanjut. Sebab, penjualan daging anjing telah menyalahi aturan.

"Karena ini melanggar UU perlindungan pangan dan konsumen," pungkas Riza.

Diketahui, saat ini Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta beserta Perumda Pasar Jaya tengah menelusuri laporan berdasarkan informasi dari Animal Defenders Indonesia (ADI).

Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan praktik penjualan daging anjing di Pasar Senen, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial (medsos).

Video itu direkam oleh Animal Defenders Indonesia (ADI). Dalam video viral tersebut, ADI menyertakan penjelasan tentang hasil penelusuran mengenai perdagangan daging anjing di Pasar Jaya Senen.

"Satu lapak yang kami investigasi mengaku bahwa mereka minimal menjual 4 ekor anjing dalam sehari. Mereka sudah beroperasi lebih dari 6 tahun," demikian keterangan yang disampaikan ADI, melalui akun Instagramnya @animaldefendersindo, Jumat (10/9). [mt]

 


Komentar Pembaca