Kekayaan Anies Melesat Naik, PDIP: Kalau dari Gaji, Sulit..

POLKAM  JUMAT, 10 SEPTEMBER 2021 | 17:10 WIB | Aldi Rinaldi

Kekayaan Anies Melesat Naik, PDIP: Kalau dari Gaji, Sulit..


Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi DKI Jakarta turut bicara terkait harta kekayaan Anies Baswedan yang naik dua kali lipat,  setelah tiga tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 2017.

Pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2017, harta Anies tercatat hanya Rp 5,61 miliar. Namun, pada LHKPN 2020, Anies tercatat memiliki kekayaan sebanyak Rp 10 Miliar lebih.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono mengatakan, sangat tidak mungkin gaji seorang nomor satu di ibu kota sekitar Rp 5 miliar rupiah dalam kurun waktu 3 tahun menjabat.

"Kalau dari penghasilan atau gaji gubernur rasanya agak sulit kalau sampai 2 kali lipat dari kekayaan semula," ucap Gembong dalam keterangannya kepada awak media, Jumat (10/9/2021).

Ada pemasukan lain yang diterima mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Bisa jadi, kata Gembong, penghasilan Gubernur Anies bukan hanya berasal dari jabatan pimpinan Pemprov DKI.

"Maka saya katakan soal rezeki kita kan gak tahu sumbernya dari mana. Yang penting adalah gimana perolehannya itu dengan cara-cara yang legal atau tidak legal," papar Gembong.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis harta kekayaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Anies yang naik dua kali lipat selama ia menjabat sebagai Gubernur.

Pada tahun 2017, harta Anies tercatat hanya Rp 5,61 miliar. Namun, pada LHKPN 2020, Anies tercatat memiliki kekayaan sebanyak Rp 10.915.550.262.

Harta Anies terdiri dari harta tidak bergerak dan bergerak. Untuk harta tidak bergerak, Anies tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 13,34 miliar. Aset tersebut tersebar di Jakarta Selatan dan Sleman.

Sementara untuk harta bergerak, Anies tercatat memiliki empat kendaraan senilai Rp 648 juta. Rinciannya, mobil Mazda 2; mobil Honda Odyssey; motor Vespa Sprint dan motor Kawasaki EX250V.

Anies juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 1 miliar, surat berharga Rp 56 juta, kas dan setara kas Rp 2 miliar, serta harta lainnya Rp 631 juta.

Jika ditotal, harta kekayaan Anies di tahun 2020 mencapai Rp 17,76 miliar. Namun, Anies juga tercatat memiliki utang senilai Rp 6,8 miliar. Dengan demikian, total harta kekayaan yang dimiliki Anies pada 2020 lalu mencapai Rp 10,91 miliar.[ros]


Komentar Pembaca