Gugatan TWK Kandas di MA-MK, Ini Langkah Novel..

POLKAM  JUMAT, 10 SEPTEMBER 2021 | 10:40 WIB

Gugatan TWK Kandas di MA-MK, Ini Langkah Novel..

Perjuangan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Novel Baswedan mendapatkan keadilan dalam soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kandas di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan Novel dan kawan-kawan ditolak MA dan MK. Karena itu, mereka akan menempuh upaya terakhir yaitu menunggu langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nasib pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) menjadi ASN sebagaimana putusan MA.

"Dari MA yang menyatakan bahwa tindak lanjut dari TMS adalah domain pemerintah, maka selanjutnya hanya menunggu respons dari Presiden terkait dengan hal ini," kata Novel kepada wartawan, Jumat (10/9/2021).

Novel kembali mengungkit temuan Ombudsman RI dan Komnas HAM yang menyimpulkan bahwa pelaksanaan TWK memuat banyak perbuatan melawan hukum.

Pegawai KPK yang ingin didepak, kata dia, telah menyampaikan keberatan kepada pimpinan KPK yang kemudian dijawab dengan menolak. Atas dasar itu, pegawai nonaktif lantas mengajukan banding administrasi kepada presiden selaku atasan pimpinan KPK pada Juli 2021. Namun, hingga saat ini belum dijawab.

"Berdasarkan Pasal 77 ayat (4) UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administasi Pemerintahan bahwa dalam waktu sepuluh hari kerja setelah keberatan atau banding administasi disampaikan lalu tidak dijawab, maka dianggap diterima," terang Novel.

"Berdasarkan hal-hal tersebut, dengan telah dikeluarkan keputusan MK, MA, banding administasi, rekomendasi Ombudsman RI, dan rekomendasi Komnas HAM, maka sekarang hanya menunggu penyelesaian masalah ini dari presiden," lanjut dia.[ros]


Komentar Pembaca