Hati-hati, Aplikasi PeduliLindungi telah Dipalsukan

POLKAM  KAMIS, 09 SEPTEMBER 2021 | 22:40 WIB

Hati-hati, Aplikasi PeduliLindungi telah Dipalsukan

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengingatkan, agar masyarakat harus berhati-hati dalam menggunakan Aplikasi PeduliLindungi.

Menurut Dedy, Kamis (9/9/2021), mengonfirmasi bahwa ada Website PeduliLindungi palsu dengan nama dan tampilan yang sangat menyerupai. Ia menyebut itu sebagai situs jahat yang bertujuan farming. Pembuat bermaksud memanen data nomor ponsel, nama lengkap dan alamat rumah oramg-orang yang telanjur membukanya.

"Ditemukan situs 'farming' nama dan tampilannya persis PeduliLindungi. Tapi ini situs palsu," kata Dedi mengenai situs palsu https://www.pedulilindungia.com/.

Mengatakan bahwa jika diperhatikan, URL-nya ada tambahan huruf A. Jika di-click di browser bahkan ada notifikasi Not Secure dari Google.

Situs tersebut mengumpulkan data pribadi masyarakat secara ilegal. Oleh karena itu jangan sekali-kali mengkliknya, kendati pihak Kemenkominfo sudah melakukan tindakan tegas.

Menurut Dedy,"Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing Internet Service Provider atau ISP," kata dia.

Diingatkan Dedy agar masyarakat jeli dengan teliti mengakses situs pedulilindungi.id. Sebab ini yang asli, yang dapat diakses dengan mendownload Aplikasi PeduliLindungi di App Store dan Google Play store.

"Jadi kalau ada dapat sebaran soal PeduliLindungi dan disuruh klik link, perhatikan linknya," ia mengingatkan. [ros]


Komentar Pembaca