41 Napi Tewas di Kebakaran Lapas Tangerang, JoMan : Menkumham dan Dirjen Lapas Harus Bertanggung Jawab

HUKUM  RABU, 08 SEPTEMBER 2021 | 20:10 WIB | Aldi Rinaldi

41 Napi Tewas di Kebakaran Lapas Tangerang, JoMan : Menkumham dan Dirjen Lapas Harus Bertanggung Jawab

Kondisi Lapas Tangerang yang alami kebakaran pada Rabu (8/9) dini hari/Net

Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (JoMan) Imanuel Ebenezer serta aktivis ProDem geram terkait 41 Narapidana (Napi) yang tewas akibat kebakaran yang terjadi di Lapas Klas I Tanggerang, Banten pada Rabu, (8/9) dini Hari. 

Noel Biasa disapa, mengatakan, Menkumham Yasona Laoly dan Dirjen Pemasyarakatan harus bertanggung jawab atas kelalaian yang terjadi ini. 

"Ini tak hanya musibah saja. Tapi juga kesalahan dari Dirjen LP Pemasyarakatan," ujar Noel dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/9). 

Dirinya meyakini ada kelalaian manusia. Ada prosedural yang tidak dikerjakan, harusnya jaringan listrik dicek secara berkala. 

Aktivis 98 ini mengherankan masih ada yang menyalahkan konsleting listrik sebagai penyebab kebakaran. 

"Pemicunya yaa, listrik eror. Tapi kenapa korslete berarti ada mekanisme perawatan berkala yang dikangkangi," tandasnya 

Kemudian, Noel juga menyoroti terkait over kapasitas LP Tangerang. LP yang hanya bisa memuat 900 napi, tapi dijejali dengan napi 2100 orang lebih . 

"Belum lagi penjaga LP hanya belasan saja. Bagaimana bisa mereka menyelamatkan napi dengan jumlah SDM terbatas," tandas dia. 

Dirinya berharap kepolisian bisa melakukan pemeriksaan secara independen. Siapa pun yang bersalah harus diusut karena ini persoalan kemanusiaan. 

"Meski napi dan terpidana mereka berhak dapat keadilan. Mereka manusia biasa seperti kita. Jangan biarkan mereka terpanggang hidup hidup lagi. Benar benar mengerikan," tegas Noel.[tyo]


Komentar Pembaca