Kata Fadli Zon, Turis Timur Tengah Lebih Kenal Puncak Ketimbang Bali

Sosial  SABTU, 04 SEPTEMBER 2021 | 13:45 WIB

Kata Fadli Zon, Turis Timur Tengah Lebih Kenal Puncak Ketimbang Bali

Kawasan Puncak Bogor/Net

Anggota DPR dari Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan bahwa Puncak, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat lebih populer dari Bali di antara para turis dari Timur Tengah. Hal ini dikatakan Fadli saat mendengar keluhan Bupati Bogor, Ade Yasin terkait penataan kawasan Puncak.

Fadli Zon menyebutkan Kawasan Puncak memiliki potensi perekonomian tinggi karena menjadi tempat wisata yang dikenal oleh masyarakat internasional, terlebih negara-negara Timur Tengah.

"Tidak hanya dari masyarakat umum di Timur Tengah, tapi juga dari kalangan elitnya. Saya berkali-kali dari parlemen negara timur tengah itu melihat Puncak lebih terkenal dari Bali," kata Fadli Zon di Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Fadli, yang berasal dari daerah pemilihan Kabupaten Bogor, mengatakan akan mendorong agar pemerintah pusat terlibat dalam penataan Puncak.

"Mungkin perlu ada perhatian dari pemerintah pusat, intervensi kebijakan yang tepat terhadap Puncak, karena ini potensinya sangat besar sekali," ujar Fadli dalam pertemuan yang digelar di Ruang Serba Guna I Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin kepada Fadli sebelumnya mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah pusat mengenai penataan Kawasan Puncak.

"Puncak, kalau dibranding dengan baik bisa jadi wisata dunia. Bahkan bisa dibandingkan dengan Genting Island di Malaysia," ungkap Ade Yasin.

Ia mengeluhkan mengenai kemacetan yang kerap terjadi di Jalur Puncak, sehingga membuat status kawasan di selatan Kabupaten Bogor sebagai salah satu destinasi wisata nasional justru dicabut.

"Kami berharap, teman-teman di DPR RI bisa ikut menyuarakan agar Puncak bisa dijadikan national branding supaya bisa mendunia di kemudian hari," terang politisi PPP itu.

Ade Yasin mengatakan, pembenahan yang sudah dilakukan oleh Pemkab Bogor dan pemerintah pusat beberapa waktu lalu, belum mampu mengentaskan masalah macet di Puncak.

Sehingga, kini Pemkab Bogor bersama Polres Bogor memberlakukan ganjil-genap di Jalan Raya Puncak, untuk menekan kemacetan di kawasan tersebut, meski menimbulkan pro dan kontra.

"Saya rasa perlu kebijakan khusus. Jadi pada satu sisi fungsi konservasi bisa berjalan karena kita ada hulu dan pariwisata juga bisa berjalan dengan baik," kata Ade Yasin.[tyo]


Komentar Pembaca