Ternyata, Binahong Punya Khasiat Luar Biasa

Islamtainment  JUMAT, 03 SEPTEMBER 2021 | 13:10 WIB

Ternyata, Binahong Punya Khasiat Luar Biasa

Binahong merupakan tumbuhan merambat yang mudah sekali ditanam. Dengan bijinya yang begitu banyak, Binahong bisa tumbuh dengan mudah serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Bihahong merupakan sayur yang punya cita rasa enak, sehingga gampang dan dapat dimasak apa saja. Lebih dari itu, Binahong sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Dilansir dari HelloSehat, Jumat (3/9/2021), hasil penelitian menyebutkan bahwa daun binahong mengandung banyak nutrisi, antara lain Glucan C, Betakaroten, Asam Organik, L-Arabinosa Mucopolysaccharide, D- Galaktosa, Asam aldonat, dan beberapa vitamin.

Binahong juga mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Daunnya bersifat antioksidan, antiinflamasi, serta anti nyeri.

Oleh karena itu, binahong dipercaya sangat efektif mengobati berbagai penyakit ringan hingga kronis.

Inilah Khasiat Daun Binahong:
1. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah. Kandungan flavonoid di dalam daun binahong berperan menghambat penyerapan gula dan dapat meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

2. Mengobati Maag

Daun binahong juga dipercaya efektif mengobat maag. Cukup dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih dan minum airnya tiga kali sehari.

3. Lemah Syahwat

Buat para pria yang mengeluhkan soal ini, air rebusan daun binahong diyakini bisa mengembalikan kepercayaan diri Anda saat di atas ranjang.

Caranya, rebus 3-10 lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai mendidih. Lalu, sisihkan menjadi satu gelas saja dan minum selagi hangat secara rutin.

4. Meminimalisir Risiko Serangan Kanker Kaya akan antioksidan sehingga daun binahong dinilai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Caranya, cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin.

5. Mengobati Luka

Daun Binahong juga memiliki efek farmakologis antimikroba yang berperan mencegah infeksi pada luka.

Cukup tempelkan daun Binahong di atas luka yang baru. Daun Binahong mampu menyembuhkan dengan cepat luka tersebut.[ros]


Komentar Pembaca