Inilah Alasan Kenapa Tidak Boleh Lewat di Depan Orang yang Shalat

Kajian  KAMIS, 02 SEPTEMBER 2021 | 16:15 WIB | Irmayani

Inilah Alasan Kenapa Tidak Boleh Lewat di Depan Orang yang Shalat

Ilustrasi

Hadits #228

عَنْ أَبِي جُهَيْمِ بْنِ اَلْحَارِثِ ( قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ ( { لَوْ يَعْلَمُ اَلْمَارُّ بَيْنَ يَدَيِ اَلْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ مِنْ اَلْإِثْمِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ } مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ , وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ .

وَوَقَعَ فِي “اَلْبَزَّارِ” مِنْ وَجْهٍ آخَرَ : { أَرْبَعِينَ خَرِيفًا }

Dari Abu Juhaim bin Al-Harits radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Seandainya orang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosa yang akan dipikulnya, maka ia lebih baik berdiri empat puluh daripada harus lewat di depan orang yang sedang shalat.” (Muttafaqun ‘alaih dalam lafazhnya menurut Al-Bukhari. Menurut riwayat Al-Bazzar dari jalan lain: “lebih baik berdiri selama empat puluh tahun”). [HR. Bukhari, no. 510 dan Muslim, no. 507]

Diharamkan melewati orang yang sedang shalat, bahkan ada ancaman keras. Imam Adz-Dzahabi dalam Nail Al-Authar sampai menggolongkan hal ini dalam dosa besar.
    
Hikmah larangan ini, karena orang yang sedang shalat sedang bermunajat kepada Allah. Orang yang melewati yang sedang shalat berarti memutus munajat ini dan mengganggu fokus orang yang sedang shalat.

Diharamkan melewati orang yang sedang shalat pada area antara ia berdiri dan sutrah. Jika yang shalat tidak menghadap sutrah, tetap diharamkan melewati area shalat orang tersebut antara kaki dan tempat sujudnya.

Melewati jamaah yang super padat di Masjidil Haram tetap tidak dibolehkan, kecuali: (a) kondisi sangat padat, tidak ada jalan lain untuk lewat; (b) ada yang shalat di jalan tempat orang yang memang melewati jalan tersebut, hal itu sudah jadi risiko bagi yang shalat. [irm]


Komentar Pembaca