Anies Minta PAM dan SDA Berikan Pelayanan yang Lengkap Terkait Air Bersih

Bollywood  RABU, 01 SEPTEMBER 2021 | 21:30 WIB | Aldi Rinaldi

Anies Minta PAM dan SDA Berikan Pelayanan yang Lengkap Terkait Air Bersih

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik sekaligus memberi apresiasi kepada PAM Jaya dan Wartawan Balaikota yang telah memberi wadah diskusi publik terkait kebijakan subsidi air bersih di Ibu Kota dengan tema "Pelayanan merata air minum di Jakarta".

"Kita tahu air bersih ini merupakan hak dasar warga dan sesungguhnya sebuah kota itu muncul, sebuah komunitas itu muncul, mulainya dari ketersediaan air," ujar Anies saat menghadiri diskusi publik secara virtual, pada Rabu (1/9).

Menurut Anies, Jakarta merupakan satu-satunya pulau di Jawa yang di lalui 13 sungai. Untuk itu, kata Anies, sangat penting bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk secara serius memikirkan hak dasar warga.

"Desa berkembang menjadi kota karena sumber airnya yang mencukupi. tanpa ada sungai atau mata air, maka tempat itu jarang sekali bisa menjadi sebuah perkotaan," ungkap Anies.

"Karena itulah ketersediaan air menjadi penting," sambungnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun berpesan kepada Perusahaan Air Minum (PAM) dan Sumber Daya Air (SDA) agar memberikan pelayanan dan manfaat yang lengkap untuk soal air di Ibu Kota.

"Bicara air, bicara manfaat, bukan bicara keuntungan finansial komersial. karena ini adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat dan tanggung jawab dalam menyediakan layanan air bersih," pesannya.

Berdasarkan amanat konstitusional, kata Anies, negara harus menjamin hak rakyat atas air guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari untuk kebutuhan sehat, untuk bisa bersih, cukup, kualitasnya harus baik, harus aman dan terjangkau, serta terjaga.

"Itu kira-kira Pasal 6 undang-undang SDA Nomor 17 tahun 2019," pungkas Anies.[tyo]


Komentar Pembaca