Wagub DKI Sebut BOR RS Jakarta Tinggal 17 Persen

BERITA  MINGGU, 29 AGUSTUS 2021 | 18:10 WIB

Wagub DKI Sebut BOR RS Jakarta Tinggal 17 Persen

Wagub DKI Ahmad Riza Patria saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan komunitas HDCI di Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakpus, Minggu (29/8/2021)/Ist

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit Jakarta hanya 17 persen. Penurunan BOR karena kasus covid-19 di Ibu Kota mulai terkendali.

"Saat ini, ruang ICU kita sudah turun lagi, bed occupancy rate juga turun kini tersisa 17 persen dan ICU tinggal 35 persen," kata Riza saat meninjau kegiatan vaksinasi yang dilakukan HDCI di Kantor Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakpus, Minggu (29/8/2021).

Penurunan BOR menunjukkan tidak ada lagi antrean pasien yang terjadi. Ariza bersyukur Jakarta bisa melalui hal itu.

"Sudah tidak ada lagi antrean di IGD, ini tandanya baik. Ini semua bisa terjadi berkat dukungan masyarakat, Polri, dan TNI serta bantuan semua pihak," ucap Riza.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan percepatan vaksinasi. Target vaksinasi bahkan yang sebelumnya 8,8 juta kini telah tercapai 9,6 juga vaksin.

"Saat ini, vaksin kedua sebanyak 5,4 juta. Jadi total dosis I dan II itu di DKI Jakarta sudah 15,1 juta dan Pemprov DKI Jakarta meningkatkan target menjadi 11,4 juta," kata dia.

Sebelumnya, pada Rabu (25/8) lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pergerakan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di Ibu Kota sudah semakin rendah, yakni berada di kisaran 22 persen.

Kata Anies, dari 22 persen BOR itu tidak semuanya diisi oleh masyarakat Jakarta. Menurutnya hampir sepertiga adalah masyarakat luar Jakarta.

"Sudah 22 persen sekarang. Tapi saya sebenarnya berharap teman-teman baca datanya, sehingga teman-teman bisa lihat bahwa pergerakan BOR di Jakarta memang sudah makin rendah," kata Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Rabu (25/8).[tyo]


Komentar Pembaca