Kata Anies, Keadilan di Masyarakat Bisa Jaga Persatuan Berbangsa

BERITA  SABTU, 28 AGUSTUS 2021 | 12:10 WIB | Aldi Rinaldi

Kata Anies, Keadilan di Masyarakat Bisa Jaga Persatuan Berbangsa

Gubernur DKI Anies Baswedan/Net

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan untuk menjaga persatuan dalam berbangsa dan bertanah air terlebih dahulu harus tercipta keadilan di seluruh masyarakat.

Anies menilai, rasa persatuan tidak mungkin bisa dihadirkan dalam diri seseorang tanpa rasa adil serta menghilangkan ketimpangan di masyarakat. Ia menuturkan, persatuan baru bisa muncul apabila kesetaraan dan kesamaan dirasakan di dalam diri.

"Kita sering melewatkan bahwa persatuan itu seakan direpresentasikan melalui tampilan yang berbeda-beda, padahal sesungguhnya bersatu itu hadir dari adanya rasa keadilan dari kita semua," kata Anies dalam diskusi, Jumat (27/8/2021).

Ia mengatakan sudah menjadi tugas bagi seorang pemimpin untuk dapat menciptakan keadilan sebagai tanggung jawab dari kekuasaan yang diemban. Terlebih hal tersebut juga merupakan cita-cita yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

"Rasa keadilan ini menurut saya harus menjadi kunci di dalam kita mengerjakan tugas apapun di masa kini dan masa depan. Tanggung jawab kita sekarang adalah memperjuangkan keadilan itu benar-benar hadir," ujarnya.

Itu sebabnya Anis memandang bahwa untuk mewujudkan peradaban Indonesia emas pada 2045 mendatang, ialah dengan menghapuskan ketimpangan yang ada. Baik dari wilayah paling barat hingga paling timur.

"Jadi kemerdekaan itu bukan sekedar menggulung kolonialisme tapi adalah untuk menggelar keadilan sosial dan kesejahteraan. Dengan sendirinya pasti akan muncul persatuan," tuturnya.

"Insyaallah keseriusan kita untuk menghadirkan rasa keadilan akan memberikan manfaat jangka panjang untuk semuanya," ujarnya.[tyo]


Komentar Pembaca