Banyak Bangunan Langgar Aturan, DPRD Minta Pemprov DKI Tegas

BERITA  RABU, 25 AGUSTUS 2021 | 18:05 WIB | Deman

Banyak Bangunan Langgar Aturan, DPRD Minta Pemprov DKI Tegas

foto/net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, diminta tegas menjalankan aturan tata ruang di ibu kota. Sebab, banyak bangunan yang diduga melanggar aturan dan tanpa disertai izin mendirikan bangunan (IMB). 

Hal itu dimungkinkan banyak terjadi di wilayah Jakarta Timur, dan kelalaian petugas Cipta Karya (Citata) Kecamatan yang tidak melakukan pemantauan atas bangunan yang berdiri di wilayahnya.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Komisi D DPRD DKI, Syarif angkat bicara dan menyatakan, selama perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR-PZ) belum disahkan menjadi aturan, pemprov masih menggunakan aturan lama.

Menurut dia, Pemprov DKI harus menerapkan Perda Ketertiban Umum untuk memberikan peringatan atau sanksi jika ada bangunan melanggar.

"Tetap diawali peringatan, tidak boleh langsung ditindak," kata Syarif dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/8).

Dia mengungkapkan, saat ini aturan IMB masih mengikuti Perda Ketertiban Umum dan turunannya Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta.

"Kalau ada yang melanggar, Satpol PP harus tertibkan setelah ada rekomtek dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI," ucap dia.

Diketahui, hingga saat ini bangunan liar tanpa IMB persis di samping kantor Kelurahan Pondok Ranggon masih jalan terus.

Ketika dikonfirmasi, Lurah Pondok Ranggon, Nur Hilal terkait cluster perumahan tanpa IMB yang berdiri persis di samping kantor kelurahan, yang bersangkutan tidak memberikan tanggapan apapun dan bergegas meninggalkan para awak media. [mt]


Komentar Pembaca