Resepsi Pernikahan Diperbolehkan tapi Syarat-Ketentuan Berlaku

Tentang Sumsel  SELASA, 24 AGUSTUS 2021 | 22:10 WIB

Resepsi Pernikahan Diperbolehkan tapi Syarat-Ketentuan Berlaku

Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengizinkan hotel-hotel menggelar kegiatan resepsi pernikahan, namun dengan catatan aturan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan Harnojoyo, saat ia menerima audensi para General Manager Hotel Palembang dan Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan, Selasa (24/8/2021), di Rumah Dinas Wali Kota Palembang.

Dikatakan Harnojoyo, untuk persyaratan menggelar resepsi pernikahan tamu undangan yang hadir maksimal 25 persen dari kapasitas gedung atau maksimal 30 orang serta tidak ada hidangan makanan di tempat dengan penerapan protokol kesehatan.

"Semua tetap harus proses. Beberapa waktu lalu teman-teman dari jasa WO telah audiensi dan mereka menawarkan sejumlah pola dalam pelaksanaan resepsi. Tentunya yang dipastikan agar menghindari terjadinya kerumunan dalam acara resepsi," katanya seperti dilansir infosumsel.ID.

Menurutnya, dampak Pandemi Covid 19 ini berimbas kepada seluruh sektor tak kecuali hotel yang ada di Palembang terlebih adanya PPKM yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat membuat pemasukan sektor usaha mengalami penurunan.

Di tempat yang sama Ketua PHRI Sumsel Herlan Asfiudin menyambut baik apa yang dikatakan Wali Kota tersebut. Karena ini memberikan angin segar bagi hotel-hotel yang ada di Palembang.

Selama PPKM tingkat hunian hotel terjadi penurunan signifikan, Selain itu restoran tak sedikit yang anjlok omsetnya dan nyaris gulung tikar.

"Ini bisa jadi kabar baik dengan adanya kelonggaran. Artinya, para pelaku usaha perhotelan bisa bangkit kembali. Sejauh ini okupansi walaupun masih belum baik namun persentase 55 persen keterisian kamar dan penggunaan ruangan untuk kegiatan bisa membantu operasional hotel," tutupnya.

Selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Palembang beberapa pekan lalu, aktivitas masyarakat seperti resepsi pernikahan ditiadakan.

Namun untuk perpanjangan PPKM Level 4 hingga 6 September mendatang pelaksanaan resepsi pernikahan sudah diperbolehkan.[ros]


Komentar Pembaca