Setelah Kuyung Daniel, Kini Banyak Pengusaha Muba Lain Ikut Membantu Sesama

Tentang Sumsel  JUMAT, 30 JULI 2021 | 16:58 WIB | Rahmad Romli

Setelah Kuyung Daniel, Kini Banyak Pengusaha Muba Lain Ikut Membantu Sesama

moeslimchoice

MoeslimChoice. Nama Akidi Tio terus memberikan inspirasi bagi pengusaha pengusaha lokal di Sumatera Selatan untuk saling berbagi. Kini beberapa nama pengusaha lokal mulai bermunculan untuk memberikan bantuan bagi warga yang terdampak pandemi Covid 19.

Di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) misalnya, muncul nama Daniel Firmansyah atau yang dikenal dengan nama Kuyung Daniel. Tokoh Pemuda di Kecamatan Bayung Lencir asal Desa Tampang Baru Muba ini dengan sukarela merogoh kocek pribadi untuk membeli beras sebanyak 1 ton untuk dibagikan gratis ke warga Isoman dan terdampak COVID-19 di Bumi Serasan Sekate.

Meski nilainya belum seberapa yakni hanya sekitar Rp 10 juta namun langkah Kuyung Daniel ini mampu menginspirasi para pengusaha muda lainnya di Kabupaten Muba untuk turut membantu penanganan Covid di daerah tersebut.

"Kalau dilihat nilai memang tidak besar atau jauh dibanding Akidi namun langkah yang dilakukan Daniel ini mampu menggerakkan beberapa pengusaha muda di Muba untul turut serta. Setidaknya sudah ada dua pengusaha muda lagi yang menghubungi saya dan menyatakan siap membantu warga Muba yang terdampak Covid 19," ungkap Camat Bayung Lencir, M Imron kepada MoeslimChoice, Jumat (30/07/2021).

Dijelaskan Imron, bantuan yang mereka terima berupa uang, selanjutnya mereka belanjakan untuk membeli beras dari petani lokal sebanyak 1 ton. Beras beras itu kemudian mereka bagikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri bersama paket sembako lainnya berupa gula, minyak dan gandum serta lainnya.

"Berasnya juga kita beli dari petani lokal kita, di Lalan, Muba. Jadi selain membantu warga juga ikut menjaga kearifan lokal serta mensejahterakan para petani. Paket sembako ini kita bagi langsung pada warga yang menjalani Isoman, setiap warga dapat dua karung beras," ujar Imron.

Dia menjelaskan, saat ini ada 18 warga Bayung Lencir yang menjalani isolasi mandiri. Pada merekalah bantuan in diberikan sekaligus memantau langsung kondisi warganya.

Disisi lain, aksi baik yang dilakukan Daniel, mampu menggugah para pengusaha muda lainnya di Muba untuk ikut membantu penangangan Covid 19.

"Setidaknya sudah ada dua pengusaha lagi, Kuyung Kupik (mas/mbak) yang mengontak saya dan siap memberikan bantuan untuk penanganan Covid 19 di Muba dan Bayung Lencir ini. Sekarang ini lagi menghabiskan stok bantuan yang ada dulu biar tidak ada penumpukan, bila kurang para pengusaha tersebut siap turun menyalurkan bantuan," terang dia.

Dalam penyalurannya sendiri, Imron turun langsung bersama Satgas kecamatan. Salah satunya pada satu keluarga yang terdiri suami istri dan dua anak di Dusun II Desa Bayat Kecamatan Bayung Lencir.

"Kita bersyukur, masih banyak orang baik dan memanfaatkan pandemi ini untuk berbagi. Karena sudah semestinya kita saling bantu agar bisa meringankan beban saudara kita," ungkapnya.

Menanggapi adanya kepedulian dari pengusaha di Muba ini, Bupati Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, semakin banyak  kepedulian yang datang maka semakin tertolong warga masyarakat yang terimbas dari COVID-19.

"Kepedulian kita bisa menjadi semangat bagi mereka yang terpapar dan terdampak COVID-19," mari kita eratkan tangan untuk terus saling menolong," terangnya. [rhd]


Komentar Pembaca
Preman Jadi Mualaf

Preman Jadi Mualaf

Ahad, 26 September 2021 | 18:55

Tragis Pensiunan Polisi Ngemis Jadi Manusia Silver