Oknum TNI Injak Kepala Orang di Papua, Mahasiswa: Ini Rasisme

POLKAM  KAMIS, 29 JULI 2021 | 18:40 WIB

Oknum TNI Injak Kepala Orang di Papua, Mahasiswa: Ini Rasisme

Mahasiswa Universitas Nasional Fakultas Ilmu Politik Abia Indou menanggapi tindakan oknum anggota TNI Angkatan Udara, yang menginjak kepala seorang warga Papua yang memiliki keterbatasan (difable) di Marauke (27/7/2021), walau keduanya sudah mendapat tindakan hukum secara tegas.

"Hal-hal begitu sering terjadi di Papua, itukan hanya sebagian kecil yang tersorot berita, tapi ada di luar sana masih banyak terjadi tindakan kekerasan terhadap warga Papua yang tidak tersorot," ujar Abia dalam keterangannya di kampusnya di Jakarta, Kamis (29/7/2021)

menurutnya tindakan tersebut merujuk kepada tindakan rasisme.

"Ini sebuah tindakan diskriminasi rasial yang terjadi kepada masyarakat Indonesia Timur dan ini adalah sebuah sentimental dari kepada stigma Indonesia Timur yang memiliki stigma bahwa masyarakat Indonesia Timur identik akan premanisme atau suka minum, dan semua itu merujuk kepada tindakan rasisme," tambah Abia

Kronologis tindakan tersebut  yang terjadi berawal dari peneguran aparat kepada seorang difable di Marauke, yang berakhir dengan penginjakan kepala, menurutnya penanganan aparat tidak tepat.

"Jika kita melihat dari kronologis awal, menurut saya, bisa menggunakan pendekatan presuasif atau dibawa ke kantor polisi terdekat, jadi tidak dengan kekerasan," pungkasnya.

Adapun atas tindakan tersebut dua oknum Anggota TNI yang melakukan tindakan kekerasan terhadap masyarakat Papua diberikan sanksi pemecatan.

Menanggapi hal tersebut, menurut Abia, penanganan sanksi yang sudah diberikan sudah tepat.

"Ya menurut saya, penanganan sanksi yang berikan sudah tepat, dan saya berharap tindakan - tindakan seperti ini tidak terjadi lagi, dan proses yang sudah dijalani tidak hanya konsumsi media saja," tutup Abia.[ros/m rayhan w]


Komentar Pembaca
Preman Jadi Mualaf

Preman Jadi Mualaf

Ahad, 26 September 2021 | 18:55

Tragis Pensiunan Polisi Ngemis Jadi Manusia Silver