Cegah Banjir di Cipinang Melayu, Walkot Jaktim: Insyaallah Kita akan Buat Waduk di Halim

BERITA  KAMIS, 29 JULI 2021 | 17:00 WIB | Deman

Cegah Banjir di Cipinang Melayu, Walkot Jaktim: Insyaallah Kita akan Buat Waduk di Halim

foto/net

Untuk memaksimalkan penanganan banjir dan genangan yang kerap melanda warganya, WaliKota Jakarta Timur, M. Anwar, tidak henti-hentinya memusatkan perhatiannya, agar warga dapat hidup tenang tanpa harus menangani air yang masuk ke pemukiman mereka. 

Hal tersebut dikatakan Walikota saat memimpin rapat koordinasi penangan banjir yang diakibatkan saluran penghubung (Phb) Sulaiman, yang dilaksanakan di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, di Ruang Pola, Lantai 2, Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (28/7).

Lebih jauh, walikota mengatakan, dari hasil rapat tersebut ada dua alternatif solusi dalam penanganan banjir di RW 03 Kelurahan Cipinang Melayu, yang diakibatkan dari Phb Sulaiman.

"Solusi pertama, menurunkan DAS ( Daerah Aliran Sungai) aliran ke Kali Cipinang, lalu nyebrang crossing di bawah Kalimalang. Ini Saya kira bukan solusi yang prioritas, karena akan memindahkan masalah, nanti air itu akan tumpah ke Cipinang Muara, akhirnya akan terjadi genangan yang sama, banjir, Kita perlu pompa lagi," jelasnya, Rabu (28/7). 

Kemudian, Anwar menyebutkan, untuk solusi kedua yang akan dikerjakan adalah pembuatan waduk di wilayah Halim Perdanakusuma, yang terletak berdampingan dengan Phb Sulaiman. 

Dalam rencana pembuatan waduk tersebut, pihaknya akan berkolaborasi dengan Danlanud (Komandan Pangkalan Udara) Halim Perdanakusuma.

"Insyaallah Kita akan buat waduk di Halim, dengan adanya waduk di Halim yang berhimpitan dengan saluran penghubung (Phb) Sulaiman. Maka, air sebelum ke Phb Sulaiman, ditampung dulu di sana. Mungkin begitu cara kerjanya, Insyaallah harapan saya tahun ini tidak terjadi banjir lagi setelah Kita bangun," pungkasnya. [mt]


Komentar Pembaca