Dua TKA China Ditembak Orang Tidak Dikenal di Pakistan

Internasional  KAMIS, 29 JULI 2021 | 04:09 WIB | Sunarya Sultan

Dua TKA China Ditembak Orang Tidak Dikenal di Pakistan

Foto/net

MoeslimChoice | Di Karachi, Pakistan, dua tenaga kerja asing (TKA) asal China menjadi korban penembakan orang tidak dikenal.

Melansir Associated Press, Rabu (28/7/2021), seorang saksi bernama Ahmad Shah mengatakan seorang lelaki tidak dikenal dengan mengendarai melepaskan tembakan ke arah sebuah mobil yang ditumpangi dua TKA asal China.

Pada kejadian itu terdapat seorang TKA China yang tidak disebutkan identitasnya mengalami luka tembak. Sedangkan lainnya selamat.

Kejadian itu berlangsung singkat dan pelaku langsung kabur dari lokasi kejadian.

Perwira kepolisian setempat, Javed Akbar mengatakan saat ini tengah menyelidiki motif dibalik penembakan itu.

Sebagai informasi, Karachi merupakan Ibu Kota Provinsi Sindh. Di sana terdapat sejumlah proyek infrastruktur yang dibiayai dari bantuan China.

Peristiwa penembakan itu terjadi setelah serangan bom mobil terhadap bus yang mengangkut sejumlah TKA China di Distrik Kohistan, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa dekat perbatasan Afghanistan.

Sebanyak sembilan TKA China dan empat warga Pakistan meninggal dalam peristiwa itu. Para TKA China meninggal itu adalah teknisi yang bekerja di proyek bendungan di wilayah itu.

China mengecam kejadian itu dan mendesak aparat keamanan Pakistan mengusut tuntas.

Diketahui, hubungan China dan Pakistan selama ini cukup baik. Kedua negara bekerja sama dalam proyek infrastruktur hingga pembuatan alat utama sistem persenjataan.

Selain itu, kedua negara juga mempunyai seteru yang sama di kawasan Asia, yakni India. India dan Pakistan sampai saat ini terus bertikai dalam hal sengketa kawasan Kashmir.

Sedangkan China dan India juga bertikai dalam masalah kawasan perbatasan di wilayah pegunungan Himalaya. [ary]


Komentar Pembaca