Herman Deru: 99 Persen Wilayah Sumsel Telah Teraliri Listrik

Tentang Sumsel  RABU, 28 JULI 2021 | 17:10 WIB

Herman Deru: 99 Persen Wilayah Sumsel Telah Teraliri Listrik

Keinginan masyarakat di Semende Darat Ulu,  Kabupaten Muara Enim,  Sumatera Selatan, mendapat aliran listrik telah diwujudkan Gubernur H Herman Deru.

Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut meresmikan jaringan listrik di tiga desa di Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Peresmian tersebut berlangsung di Desa Pelakat, Selasa (27/7/2021).

"Listrik ini kebutuhan utama. Alhamdulillah 99 persen wilayah di Sumsel ini sudah tercover listrik," kata Herman Deru.

Apalagi, Sumsel ini merupakan sentral energi listrik di pulau Sumatera. Tentunya untuk mewujudkan pemerataan jaringan listrik bukan hal yang mustahil.

"Sumsel khususnya Muara Enim merupakan sentral energi listrik di Sumatera. Mulai dari Aceh hingga Lampung sebagian besar listriknya di pasok dari Muara Enim.

"Listrik ini salah satu konsen kita. Ini karena kita merupakan lumbung energi listrik. Kita targetkan, jika wilayah itu tidak terkendala lahan makan jaringan listrik akan kita bangun," terangnya.

 Masuknya listrik di tiga desa yang meliputi Desa Danau Gerak, Desa Pelakat dan Desa Tanjung Agung tersebut merupakan komitmen Herman Deru dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

 "Ini komitmen kita. Keberadaan listrik ini dapat mendorong anak-anak semakin semangat belajar dengan maksimal. Ini juga untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Listrik bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian," tuturnya.

 Dia menjelaskan, suksesnya pembangunan jaringan listrik di tiga desa tersebut tak lepas dari dukungan masyarakat.

 "Pembangunan jaringan listrik oleh PT PLN ini tentu tidak akan berjalan maksimal jika masyarakatnya tidak mendukung. Masyarakat disini merelakan sedikit lahannya dilewati jaringan listrik," paparnya.

 Pembangunan jaringan listrik di kawasan Semende Darat Ulu merupakan kerjasama Pemprov Sumsel dan PT PLN. Tidak hanya jaringan listrik, PT PLN juga menggelontorkan CSR nya untuk pengembangan sarana dan prasarana wisata Kampoeng Malaka Desa Karta Mulya Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim sebesar Rp170 juta.

 Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga tidak hanya meresmikan jaringan listrik. Dia juga membawa Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat yang terdampak covid 19.

 "Bantuan ini sebanyak 6 ton beras untuk masyarakat di tiga kecamatan di Semende. Bantuan ini masyarakat yang ekonominya merosot karena pandemi covid 19 dan PPKM. Jadi masyarakat di Sumsel ini kita bantu, jika pun kurang, akan kita sediakan lagi," tegasnya.

 Di tempat yang sama, PJ Bupati Muara Enim H Nasrun Umar mengatakan, jaringan listrik inimerupakan respon dari pemerintah untuk kebutuhan masyarakat.

 "Ini dapat memberikan semangat baru dan memotivasi masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan hidup," katanya.

 Dia mengatakan, banyak sentuhan tangan Gubernur Herman Deru untuk memajukan Kabupaten Muara Enim.

"Mudah-mudahan semua wilayah di Kabupaten Muara Enim ini teraliri listrik. Kita juga mengucapkan terima kasih atas banyaknya bantuan yang diberikan," paparnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN Unit Induk Sumsel, Jambi, dan Bengkulu Bambang Dwiyanto menjelaskan, upaya pembangunan jaringan listrik di desa merupakan kerjasama dengan Pemprov Sumsel.

 Hal itu sebagai wujud komitmen PT PLN dan pemerintah agar jaringan listrik sampai ke pelosok desa.

"Ini juga penghargaan untuk masyarakat yang telah mendukung PT PLN. Kita berupaya agar jaringan listrik ini bisa dirasakan masyarakat hingga ke pelosok desa. Bahkan tidak hanya di Muara Enim, daerah lainnya seperti OKI, OKUS, juga masuk dalam program listrik desa ini," pungkasnya.[ros]

 


Komentar Pembaca