PPKM Kembali Diperpanjang, STRP Tetap Menjadi Syarat Utama Pekerja

NASIONAL  SENIN, 26 JULI 2021 | 13:15 WIB | Aldi Rinaldi

PPKM Kembali Diperpanjang, STRP Tetap Menjadi Syarat Utama Pekerja

net

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yoga mengatakan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diperpanjang. Petugas lapangan tetap memeriksa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) bagi pekerja non esensial dan non kritikal.

Diketahui, perpanjangan PPKM tersebut telah resmi ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (25/7) malam.

"Aturan perjalanan sama, tapi kita tunggu tertulisnya dari pemerintah," kata Sambodo saat dikonfirmasi pada, Senin(26/7).

Pemeriksaan syarat perjalanan tetap harus dilakukan, kata Sambodo, untuk membatasi pekerja yang non kritikal dan non esensial.

Saat ini, Polda Metro Jaya secara berjenjang mendirikan pos penyekatan sejak PPKM Darurat hingga perpanjangan PPKM Level 4 pada periode 21-25 Juli 2021 yang berjumlah 100 titik untuk mengurangi mobilitas.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan kebijakan PPKM Level 4 mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 dengan beberapa penyesuaian peraturan terkait dengan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Saya memutuskan untuk melanjutkan PPKM level 4. Namun, kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait dengan aktvitas dan mobilitas masyarakat yang akan dilakukan bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," kata Presiden Jokowi.

Kementerian Dalam Negeri dalam Instruksi Mendagri 26/2021 menetapkan seluruh wilayah DKI Jakarta dalam PPKM Level 4.

Tak hanya Ibu Kota, Intuksi tersebut mencakup Provinsi Banten, ada Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang serta di Jawa Barat, Kota Depok, Kota Bogor, yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya. [irm]


Komentar Pembaca