Jokowi Resmi Perpanjang PPKM Hingga 2 Agustus

NASIONAL  SENIN, 26 JULI 2021 | 10:30 WIB | Aldi Rinaldi

Jokowi Resmi Perpanjang PPKM Hingga 2 Agustus

Jokowi/net

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM level 4). Keputusan itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) yang masih menujukan tren angka fluktuatif.

Diketahui, perpanjangan berlangsung dari 26 Juli sampai 2 Agustus 2021.

Perpanjangan ini pun dilakukan dengan sejumlah penyesuaian, di antaranya kegiatan ekonomi masyarakat diizinkan untuk beroperasi dengan catatan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," ujar Jokowi dalam konferensi persnya yang digelar secara virtual di Istana Negara pada, Minggu (26/7).

Menurut Presiden, sudah ada tren perbaikan dari sisi laju penambahan kasus, BOR, hingga positivity rate. Namun demikian, lanjut dia, semua pihak harus tetap berhati-hati menyikapi tren perbaikan tersebut.

Jokowi menjelaskan, pasar tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari, diizinkan buka sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas 50 persen. Sedangkan pasar tradisional yang menjual selain kebutuhan sehari-hari, boleh buka sampai pukul 15.00 WIB.

"Tentu saja dengan penerapan prokes yang ketat," tegas dia.

Orang nomor satu di Indonesia ini juga menambahkan usaha kecil dapat buka sampai pukul 21.00 WIB. Usaha tersebut antara lain pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asonan, bengkel kecil, cuci kendaraan, dan usaha kecil lain.

Untuk warung makan, PKL, maupun lapak di ruang terbuka juga diizinkan buka sampai pukul 21.00 WIB.

"Maksimum waktu makan untuk tiap pengunjung 30 menit," imbuh Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, kegiatan pada sektor esensial dan kritikal, baik di pemerintahan, swasta, dan terkait protokol perjalanan akan dijelaskan terpisah. "Saya minta kita semua bisa bekerja sama, bahu membahu dalam PPKM Darurat ini," tegas dia.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan PPKM darurat pada 3-20 Juli di Jawa dan Bali, serta 15 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali. Lalu, kebijakan tersebut diperpanjang hingga 25 Juli 20201 dan berganti nama menjadi PPKM level 4 dan 3. Minggu (25/7) malam, Presiden kembali memperpanjang PPKM level 4 di Jawa Bali hingga 2 Agustus mendatang. [Irm]


Komentar Pembaca