Sempat Viral Bilang Bank Syariah Kejam, Ini Klarifikasi Jusuf Hamka

EKONOMI  MINGGU, 25 JULI 2021 | 21:15 WIB

Sempat Viral Bilang Bank Syariah Kejam, Ini Klarifikasi Jusuf Hamka

Jusuf Hamka saat tampil di Podcast Deddy Corbuzier/ist

Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka memberikan penjelasan mengenai statement-nya yang menyatakan bank syariah kejam, yang videonya sempat viral dimedia sosiala. Statement tersebut disampaikannya saat dia mengungkapkan permasalahannya dengan bank syariah dalam yang acara podcast Deddy Corbuzier. 

 Dalam keterangan resminya, Minggu (25/7/2021), dia menyatakan permasalahan yang terjadi sebenarnya bukan terkait sistem dan perbankan syariah, melainkan terkait hubungan nasabah dengan bank.

“Permasalahan yang terjadi sebenarnya bukan terkait sistem dan perbankan syariah, melainkan terkait hubungan nasabah dengan bank dimana ada proses negosiasi dalam penyelesaian kewajiban pembiayaan yang belum memperoleh kesepakatan antara kami selaku nasabah dengan sindikasi bank syariah yang terdiri dari beberapa bank syariah,” katanya.

Dia menyebutkan, permasalahan tersebut menyangkut pelunasan dipercepat atas pembiayaan sindikasi dari bank syariah, di mana terdapat persepsi dan perbedaan perhitungan kewajiban pelunasan tersebut antara perhitungan dari pihak perusahaan sebagai peminjam dengan pihak bank sindikasi. 

"Sebenarnya pihak kami dan bank syariah sindikasi sudah melakukan beberapa kali pertemuan dan mencapai kesekapakan dalam beberapa hal, namun masih ada hal yang masih belum memperoleh kesepakatan dari kami," jelas Jusuf Hamka. 

Dalam pernyataan yang ditandatangi oleh bos PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) tersebut, dia menyebutkan pembiayaan sindikasi yang dimaksud dikucurkan oleh 7 bank syariah kepada anak usaha CMNP, yaitu PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) senilai Rp834 miliar. 

Pembiayaan tersebut dilakukan dengan akad pembiayaan al murabahah (akad pembiayaan jual beli) dengan indikasi yield/marjin setara 11 persen dengan tenor 14 tahun. Pinjaman ini digunakan untuk pembangunan jalan tol Soreang-Pasirkoja Bandung (Soroja).[fah] 


Komentar Pembaca