Lampung Catat Capaian Vaksinasi Terendah, Ini Penyebabnya..

Daerah  RABU, 21 JULI 2021 | 11:10 WIB

Lampung Catat Capaian Vaksinasi Terendah, Ini Penyebabnya..

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung Reihana mengatakan, pihaknya masih kekurangan 12 juta dosis Vaksin Covid-19. Karena dari kebutuhan 13.290.452 dosis baru 1 juta yang diterima. Padahal sasaran vaksinasi di Lampung 6.645.226 orang.

"Kebutuhan 13.290.452 dosis itu untuk dua kali penyuntikan bagi masing-masing penerima vaksinasi," kata Reihana kemarin.

Provinsi Lampung disebut sebagai daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah, karena Pemerintah Pusat masih memberikan vaksin dalam jumlah yang sedikit.

"Dengan jumlah tersebut, maka Lampung masih kurang sekitar 12 juta dosis vaksin. Oleh karena itu, wajar saja penilaian vaksinasi di Lampung termasuk masih rendah,"ujarnya.

Agar mendapatkan tambahan Vaksin, Reihana mengatakan, Pemprov Lampung sudah meminta Pemerintah Pusat. Surat Disampaikan kepada Kemenkes hingga Menko Perekonomian yang juga ketua KPC-PEN Airlangga Hartarto.

"Bahkan Pak Gubernur Arinal Djunaidi sudah menyurati Menko Perekonomian dan Menteri Kesehatan untuk penambahan dosis kebutuhan vaksinasi di Provinsi Lampung,"kata dia.

Sejauh ini, Pemprov Lampung telah dua kali menyalurkan vaksin ke 15 kabupaten/kota, yakni pada 10 dan 15 Juli. Jumlahnya hanya 34.500 dosis vaksin. TNI-Polri, KKP, OJK dan Bank Indonesia (BI) mendapatkan stok vaksinasi sendiri atau tidak dari stok Dinkes Provinsi Lampung.

"Kami menyiapkan buffer stock. Jadi setiap pengiriman vaksin dari pusat datang, kami langsung kirimkan ke 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung agar vaksinasi tersebut bisa terus berjalan," ungkapnya.

Berdasarkan data vaksinasi Covid-19 Dinkes Provinsi Lampung, dari total 6.645.226 orang sasaran, baru 580.692 orang yang disuntik vaksin dosis pertama atau sekitar 8,77 persen. Yang menerima suntikan vaksin dosis kedua sekitar 4,08 persen. Kalangan remaja paling sedikit menerima suntikan vaksin, yakni sekitar 86 orang atau 0,01 persen dari target.[ros]


Komentar Pembaca