Ingin Bayar Hutang Tapi Tidak Ketemu Orangnya

Kajian  KAMIS, 08 JULI 2021 | 16:15 WIB | Irmayani

Ingin Bayar Hutang Tapi Tidak Ketemu Orangnya

ilustrasi

MoeslimChoice. Dulu saya pernah meminjam uang kepada seseorang, dan sekarang saya mau mengembalikan uangnya kepada orang tersebut. Saya sudah mencari-cari orang yang menghutangi, namun sampai saat ini saya belum menemuinya dan saya tidak tahu lagi kemana saya harus mencarinya. Bagaimana saya bisa membayar hutang tersebut?

Barangsiapa yang meminjam uang kepada seseorang, maka wajib baginya untuk melunasinya. Apabila orang yang meminjam tidak mengetahui keberadaan orang yang menghutangi, maka hendaknya dia bertanya perihal kabar orang yang menghutangi kepada orang-orang yang mengetahuinya, seperti kepada keluarga, teman-temannya, dan orang yang lainnya.

Apabila mereka mengabarkan kepada engkau bahwa orang yang menghutangi telah meninggal, maka bayarkan atau kembalikan uangnya kepada ahli warisnya.

Apabila kondisinya anda sudah kehabisan cara untuk menemukan orang yang menghutangi, dan tidak mampu memberikan uang kepada orang yang menghutangi, baik orang yang menghutangi dalam kondisi hidup maupun kepada ahli warisnya jika kondisinya sudah tiada, maka hendaknya anda menyedekahkan harta orang yang menghutangi kepada urusan kebaikan kaum muslimin, dengan niatan agar orang yang menghutangi mendapatkan pahala karena hartanya telah disedekahkan.

Namun, apabila setelah engkau menyedekahkan hartanya, tiba-tiba engkau menemukan orang yang menghutangi tersebut, maka kabarkan kepadanya perihal bahwa hartanya sudah engkau sedekahkan.

Apabila dia mengizinkan hartanya disedekahkan, maka tidak perlu mengganti, namun jika dia tidak mengizinkannya, maka engaku tetap wajib menggantinya dan baginya juga pahala sedekah. [irm]


Komentar Pembaca