Arab Saudi Setop Penerbangan Dari Tiga Negara

Internasional  SENIN, 05 JULI 2021 | 15:10 WIB

Arab Saudi Setop Penerbangan Dari Tiga Negara

ilustrasi

Demi mencegah penyebaran varian Delta Virus Corona yang lebih cepat menular, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan penerbangan dari dan ke tiga negara.

Ketiga negara itu terdiri dari Uni Emirat Arab (UEA), Ethiopia, dan Vietnam. UEA terutama Dubai menjadi salah satu tujuan utama wisata warga Saudi.

"Warga negara akan dilarang bepergian secara langsung atau tidak langsung tanpa mendapat izin sebelumnya dari pihak berwenang," kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Pejabat itu menuturkan keputusan diambil karena penyebaran jenis baru Covid-19 yang bermutasi, tanpa secara eksplisit menyebutkan varian Delta yang terus menyebar secara global.

Varian Delta merupakan mutasi corona paling menular dari sejumlah mutasi corona yang sejauh ini telah teridentifikasi. UEA mengumumkan pekan lalu bahwa pemerintahnya telah mendeteksi setidaknya 85 kasus Covid-19 varian Delta.

Dikutip kantor berita SPA, pejabat itu menegaskan penghentian penerbangan tersebut mulai berlaku pada Minggu (4/7).

Meski begitu, pemerintahan Raja Salman masih akan mengizinkan warga Saudi dari ketiga negara itu pulang dengan mewajibkan mereka karantina selama 14 hari setibanya di negara tersebut.

Melansir AFP, penangguhan penerbangan ini berlaku tujuh pekan setelah Saudi sempat mengizinkan warga yang telah divaksinasi penuh bepergian ke luar negeri.

Untuk kedua kalinya sejak tahun lalu, Arab Saudi kembali membatasi gelaran haji 2021 dengan hanya mengizinkan jemaah lokal melaksanakan ibadah tersebut. [irm]


Komentar Pembaca