BNPB Kembali Ingin Biayai Hotel Nakes di DKI

Kesehatan  SENIN, 05 JULI 2021 | 07:15 WIB

BNPB Kembali Ingin Biayai Hotel Nakes di DKI

Nakes Penanganan Covid/Net

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana membiayai kembali hotel penginapan tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta.

Pembiayaan dilakukan kembali oleh BNPB setelah adanya penambahan nakes.

“(Iya) hotel nakes saja. Kita belum fix jumlahnya karena kita menunggu dari yang direncanakan, karena nakesnya kurang,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji kepada wartawan, Minggu (4/6/2021).

Untuk diketahui, BNPB sempat memberhentikan pembiayaan hotel isolasi dan penginapan nakes. Meskipun begitu BNPB belum berencana membiayai kembali hotel isolasi pasien COVID-19 DKI.

Mulyo menerangkan sejauh ini pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah hotel. Dia memastikan hotel-hotel tersebut akan dibuka kembali setelah adanya penambahan nakes.

“Begitu mereka siap kita (buka). Jadi begitu ada kita buka, tapi kita sudah ada MoU dengan para hotel-hotel tadi,” jelasnya.

Mulyo mengatakan saat ini lokasi isolasi terkendali serta penginapan nakes di DKI berada di bawah tanggung jawab Kodam Jaya. Hal ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan dengan BPBD DKI Jakarta.

“Iya betul. Di situ memang ada manajemen besar. Ada rumah sakit yang ada di atlet banyak kan, kemudian karena kita harus menghitung jumlah manusia, menghitung nakes, menghitung obat dan itu mungkin BPBD menyampaikan lebih baik dijadikan satu di tempatnya kodam sebagai PPK,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperbarui daftar lokasi isolasi pasien Covid-19 serta penginapan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Ibu Kota. Saat ini, total lokasi yang disediakan Pemprov DKI sebanyak 39 tempat.

Daftar tempat isolasi dan penginapan nakes ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 762 Tahun 2021 tentang Lokasi Isolasi Dalam Rangka Penanganan COVID-19 serta Kepgub Nomor 763 Tahun 2021 tentang Lokasi Akomodasi bagi Tenaga Kesehatan Dalam Rangka Penanganan Covid-19.[tyo]


Komentar Pembaca