Menkes Budi Pastikan Stok Oksigen Aman

Kesehatan  SABTU, 26 JUNI 2021 | 14:40 WIB | Aldi Rinaldi

Menkes Budi Pastikan Stok Oksigen Aman

foto/net

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan stok oksigen untuk pasien terpenuhi. Hal itu dipastikan guna mengantisipasi peningkatan pasien COVID-19. Pemerintah telah mendapatkan komitmen dari suplier untuk mengalihkan oksigen untuk industri ke medis.

"Ada komitmen dari perusahaan lokal yang siap mensuplai oksigen medis sebesar 75 persen. Sehingga stok oksigen kita masih cukup," kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers daring, Jumat (25/6).

Dalam hal ini, Pemerintah juga sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri untuk memastikan logistik dan pergerakan dari truk besar pembawa oksigen agar aman. Begitu pula dengan tabung oksigen, Budi menyebut jumlahnya juga masih memadai.

"Truk-truk besar tersedia cukup dan kita koordinasikan dengan Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) memastikan logistik dan pergerakannya aman," tutur Budi.

Kementerian Perindustrian pun masih memiliki stok 3 ribu unit dan para produsen dalam negeri siap menambah produksi. Hanya saja, ujar dia, memang sempat ada kendala dalam distribusi.

"Jadi tabung itu bukan jumlahnya kurang, hanya karena peningkatan kebutuhan tinggi, sehingga perputaran harus dijaga," ujar Menkes.

Menurut Budi, pemerintah sudah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) untuk memastikan suplai listrik konsisten untuk seluruh pabrik oksigen di Jawa sehingga bisa berproduksi penuh.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan produsen oksigen ini, kalau ada sesuatu yang terjadi di Jawa Tengah, maka bisa langsung mengisi dengan truk yang dari Jawa Barat atau Jawa Timur," tuturnya.

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu, menyinggung pabrik di Jawa Tengah yang sempat menghentikan produksi oksigennya karena masalah aliran listrik. Namun, dia memastikan suplai listrik akan memadai untuk menunjang produksi oksigen di pabrik tersebut. [mt]

 


Komentar Pembaca