Sukses Vaksin 8 Ribu Warga, PMI Bekasi Sebut Ini Sejarah

Kesehatan  KAMIS, 24 JUNI 2021 | 16:15 WIB | Giri Sasongko

Sukses Vaksin 8 Ribu Warga, PMI Bekasi Sebut Ini Sejarah

net

Sedikitnya 8 ribu dosis vaksin yang diberikan kepada warga Kota Bekasi pada kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bekasi, telah tersampaikan kepada warga di 8 Kecamatan yang tergabung pada tim wilayah satu dan tim wilayah dua.

Sebelumnya pada Sabtu, 19 Juni 2021 juga telah diadakan vaksinasi massal pada bagian tim wilayah 1 dari 4 Kecamatan di Kota Bekasi, meliputi Kecamatan Bekasi Utara, Bekasi Barat, Kecamatan Medansatria dan Kecamatan Bekasi Selatan.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bekasi Ade Puspitasari, turun langsung melihat dan memantau kegiatan vaksinasi massal tersebut.

Dikatakannya, hal ini merupakan sebuah proses sejarah dalam menghadapi penanganan Covid-19 di Kota Bekasi. Bersama tim dari PMI Kota Bekasi, ia menyempatkan bertemu dengan para tenaga medis dan vaksinator yang tengah bekerja untuk memberikan vaksin kepada warga Kota Bekasi.

"Ini merupakan sebuah proses sejarah dalam menghadapi penanganan Covid-19 di Kota Bekasi," terang Ade.

Sebanyak 416 tenaga medis yang terlibat dalam serbuan vaksin massal aman dan halal yang terselenggara di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi yang telah terjadwal.

Ketua PMI Kota Bekasi mengapresiasikan kegiatan tersebut sebagai bentuk peduli kepada warga dalam pencegahan masa pandemi ini, karena sebuah vaksin bisa meminimalisir adanya penambahan kasus aktif di Kota Bekasi sehingga warga bisa merasa aman.

"Walau sudah di vaksin, warga tetap harus mengantisipasi dirinya dari virus yang telah beredar pada saat ini, memakai masker tentu sangat wajib pada masa sekarang karena penularan melalui terbukanya hidung maupun mulut sangat mudah," ujar menambahkan.

Dirinya juga mengungkapkan pentingnya mentaati protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan adalah kunci dari terhindarnya penambahan kasus Covid-19.

"Warga Kota Bekasi harus ikut aktif dalam kegiatan vaksinasi massal ini, tidak perlu takut untuk vaksin, karena sudah teruji aman dan halal seperti yang telah dikatakan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan para Forkopimda Kota Bekasi," tambah Ketua PMI Kota Bekasi tersebut.

Disela-sela kegiatan vaksin, Ade Puspitasari menyambangi para tenaga kesehatan atau vaksinator yang tengah ikut dalam acara ini.

Ia mengimbau untuk mengutamakan mengisi perut atau sarapan dan selalu meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Pemberian semangat juga dilontarkan karena pentingnya tenaga kesehatan pada saat ini telah sangat dibutuhkan oleh peran aktif Pemerintah Daerah dalam pencegahan penanganan Covid-19 ini.

Ketua PMI Kota Bekasi juga menyempatkan menemui Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, yang memberikan informasi pada pekan 1 Juli 2021 mendatang akan ada vaksin massal kembali untuk warga sebanyak 25.000 dosis vaksin untuk umum, akan tetapi pendaftaran tetap melalui RT atau RW setempat di Kelurahan masing-masing agar terdata di Puskesmasnya.

"Karena proses screening akan dilakukan di Puskesmas setempat dan datang ke GOR hanya untuk menyuntikan saja, jadi tidak ada penumpukan dan memakan waktu lama," tutupnya. [irm]


Komentar Pembaca