Innalillahi..Aktor Lawas Wan Abud Tutup Usia

Islamtainment  JUMAT, 18 JUNI 2021 | 13:16 WIB

 Innalillahi..Aktor Lawas Wan Abud Tutup Usia

Aktor komedi Fuad Alkhar (62) yang lebih dikenal dengan panggilan Wan Abud tutup usia pada Jumat (18/6/2021). Kabar duka itu pertama kali beredar melalui pesan singkat WhatsApp di kalangan awak media.

"Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kembali kehilangan komedian dan turut belasungkawa atas wafatnya almarhum Wan Abud (Fuad Alkhar) Umur 62 tahun," bunyi pesan itu seperti dikutip dari jpnn.com beberapa saat lalu.

Saat ini, jenazah Wan Abud berada di rumah duka yang berlokasi di kawasan Beji Timur, Depok.  

Tidak saja dikenal sebagai aktor komedi, Wan Abud melakoni pekerjaan lain. Berikut perjalanan karirnya:

Puncak Karier
Aktor kenamaan ini lahir pada 10 Januari 1959 dan berada di puncak karier pada era 90-an. Kala itu, dia ikut berperan dalam film Catatan Si Boy.

Dia makin dikenal setelah bermain dalam sinetron Putri Duyung season 1 dan 2 bersama Ayu Azhari. Jargon Ente Bahlul Pria berarah Betawi itu juga kerap tampil di film-film Warkop DKI bersama Dono, Kasino dan Indro.

Wan Abud dikenal dengan logat Arab dalam setiap karakter yang diperankannya. Dia makin dikenal karena seloroh Ente Bahlul.

Film dan Sinetron Wan Abud pertama kali muncul di film Nona Manis pada 1990. Dia beradu akting dengan Ray Sahetapy dan Meriam Bellina.

Fuad juga pernah muncul di salah satu film Rhoma Irama, yakni Nada dan Dakwah. Dia juga turut membintangi film Harim di Tanah Haram pada 2015.

Selain film, dia juga telah membintang banyak sinetron. Dia muncul di layar kaca pertama kali pada 1993 dalam sinetron Ada-ada Saja. Fuad juga muncul di sinetron Si Doel 6, Putri Salju hingga Jodoh Pengantar Jenazah pada 2017.

Tata Rias Pengantin
Karier Wan Abud mulai meredup pada era 2000-an, meski dia masih memerankan beberapa judul film dan sinetron. Tak lagi disibukkan dengan jadwal syuting, dia pun memilih untuk berbisnis di bidang tata rias pengantin dan jasa paket pernikahan.[ros]


Komentar Pembaca