Orang Tua Bingung Verifikasi Berkas Online, Mas Tri ''Turun Tangan''

Pendidikan  KAMIS, 17 JUNI 2021 | 14:45 WIB | Giri Sasongko

Orang Tua Bingung Verifikasi Berkas Online, Mas Tri ''Turun Tangan''

net

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah, meninjau pelaksanaan pra pendaftaran PPDB tahun ajaran 2021-2022 di Kecamatan Bekasi Timur dan Bekasi Utara.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga mutu dan kualitas pelayanan Pemerintah kepada warganya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya meninjau langsung pelaksanaan PPDB di dua lokasi yakni di Kecamatan Bekasi Timur dan di Kecamatan Bekasi Utara.

Pria yang akrab dipanggil Mas Tri ini menyapa dan bertanya langsung kepada para orang tua calon peserta murid PPDB.

"Bagaimana pelayanannnya Pak? Apakah masih ada kendala? Jika dirasa ada yang masih bingung silakan dikomunikasikan dengan petugas Disdik yang ada didepan," ujar Tri, Kamis (17/6).

Dari beberapa warga yang hadir, didapati masih ada beberapa orang tua calon murid yang masih bingung dalam melakukan penginputan dan verifikasi berkas secara online.

Akan tetapi dengan adanya petugas dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi dirasa sangat membantu calon peserta.

Terkait masalah tersebut, dirinya menjelaskan tata cara penginputan, yakni:

1. Buka situs https://bekasi.siap-ppdb.com
2. Klik ajuan akun sesuai jenjang yang diinginkan. Jika mau ke SD, silakan klik ajuan akun di menu SD, begitu juga jika ingin ke SMP, klik ajukan akun di bagian SMP
3. Untuk jenjang SD, silakan isi NIK dan kode pada gambar
4. Untuk jenjang SMP, silakan isi NISN, pilih domisili dan kode gambar
5. Silakan isi sesuai data yang diminta
6. Kemudian, upload dokumen sesuai dokumen yang diminta
7. klik simpan, cetak tanda bukti ajuan akun

Tri berpesan kepada warga yang sedang mengurus verifikasi berkas pra pendaftaran PPDB untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Segala macam bentuk berkas yang dibutuhkan harus sudah dipersiapkan, agar tidak menjadi kendala kekurangan berkas saat proses penginputan.

Selain itu, Tri juga mengimbau kepada petugas Satgas Covid-19 yang ada di lokasi untuk dapat mengatur jumlah pengunjung yang hadir dan tetap selalu memberikan imbauan wajib menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan.

"Waktu pra pendaftaran ini sampai 30 Juni dan masih banyak waktu untuk calon peserta murid untuk mempersiapkan berkas, jadi tolong dimanfaatkan sebaik mungkin. Bagi petugas Satgas Covid-19 yang berjaga, tolong dibantu juga jaga prokesnya," tegas Tri. [irm]


Komentar Pembaca