Tolong! Daerah Zona Merah Jangan Maksa Sekolah Tatap Muka

Pendidikan  RABU, 16 JUNI 2021 | 10:40 WIB | Aldi Rinaldi

Tolong! Daerah Zona Merah Jangan Maksa Sekolah Tatap Muka

Net

Pemerintah kembali melanjutkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai tanggal 15-28 Juni 2021 mendatang. 

Hal tersebut dilakukan, lantaran tren peningkatan kasus Covid-19 pasca lebaran mengalami lonjakan yang signifikan. 

Khususnya di empat provinsi di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mulai over kapasitas.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo berharap, agar pemerintah dapat kembali meninjau rencana untuk kembali membuka sekolah tatap muka.

"Tentu terkait dengan rencana Sekolah tatap muka ya saya kira ini harus dipikirkan kembali. Apakah kita siap atau tidak jika melihat situasi seperti ini nampaknya tidak siap.," kata Rahmad kepada wartawan, Selasa, (15/6).

Rahmad berharap, agar daerah zona merah tidak memaksakan diri untuk menggelar sekolah tatap muka. Menurut Rahmad, hal itu hanya menambah resiko penyebaran pandemi virus corona.

"Kita harus memaklumi kalau tidak bisa menjalankan proses belajar mengajar dalam kondisi ideal sehingga kita tunda sampai batas waktu yang belum kita tentukan," ujarnya.

Politikus PDIP ini juga meminta, agar penyelenggaraan sekolah tatap muka dapat dilakukan, ketika situasi dan kondisinya sudah benar-benar memungkinkan atau kondusif.

"Sampai kita benar-benar situasi siap kondisi siap untuk memungkinkan proses pembelajaran," papar Rahmad.

Lanjur, Rahmad juga mengingatkan, agar
peningkatan kasus covid-19 ini dapat menjadi pembelajaran dan evaluasi bersama terhadap daerah-daerah yang mengalami lonjakan signifikan

"Ini memang sudah kita prediksi dengan liburan lebaran kemarin banyak bolongan banyak nekat nya yang mudik kemudian banyak saudara kita nekat melakukan silaturahmi halal bi halal ya ini menjadi pelajaran kita bersama," tandasnya. [Irm]


Komentar Pembaca