Pemkot Jakarta Timur Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Masyarakat dalam Pelaksanaan CIP

BERITA  KAMIS, 10 JUNI 2021 | 21:30 WIB | Deman

Pemkot Jakarta Timur Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Masyarakat dalam Pelaksanaan CIP

foto/net

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Masyarakat dalam rangka pelaksanaan CIP (Collaborative Implementation Program) Kota Jakarta Timur Tahun 2021, yang bertempat di Ruang Serbaguna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (9/6).

Kegiatan yang digelar selama dua hari kedepan tersebut, diinisiasi oleh Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Timur. 
Kegiatan yang diikuti oleh 10 Kelompok Masyarakat (Pokmas) tersebut, bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi warga, dalam hal pengelolaan kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, peningkatan kompetensi masyarakat CIP Kota Jakarta Timur Tahun 2021, merupakan titik awal kiprah masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan.

"Jadi peningkatan kompetensi bagi kelompok masyarakat menjadi cukup penting, karena kelompok masyarakat telah dipercaya untuk mengelola kegiatan peningkatan kualitas permukiman, sekaligus memberdayakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi," katanya.

Menurutnya, program peningkatan kualitas permukiman berbasis masyarakat ini, sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu.

"Tentu keterlibatan kelompok masyarakat, diharapkan kegiatan peningkatan kualitas permukiman mampu menumbuhkan rasa memiliki warga terhadap lingkungan pemukimannya. Di sini mereka diminta untuk lebih tajam tentang pengertian penghijauan,pengelolaan sampah, dan pemeliharaan sarana prasarana," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Timur, Dedi Arif Darsono menjelaskan, kegiatan ini guna mempertajam perwakilan kelompok masyarakat dalam memiliki kompetensi pengadaan barang dan jasa, juga kompetensi pelaksanaan konstruksi sederhana.

"Merekalah nantinya menjadi sosok yang dapat membawa permukiman padat, yang diubah menjadi asri dan hebat. Sesuai yang diharapkan Pak Gubernur, maju kotanya bahagia warganya," pungkasnya. [mt]

 

 


Komentar Pembaca