Islamic Center Sumsel Dipindahkan ke Pulau Kemaro

Tentang Sumsel  SABTU, 05 JUNI 2021 | 13:35 WIB | Rahmad Romli

 Islamic Center Sumsel Dipindahkan ke Pulau Kemaro

Pulau Kemaro menjadi salah satu alternatif pembangunan baru Islamic Center Sumsel yang pembangunannya sempat mangkrak selama beberapa tahun.

Usulan perpindahan lokasi ini disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang juga didaulat menjadi arsiteknya.

"Saya sarankan kalau mau bangun Islamic Center itu di Pulau Kemaro. Karena ada tempat agama lain yang bersamaan nantinya. Sebagai arsitek kita bayangkan kalau ada bangunan bagus dipinggir air itu keindahannya dua kali lipat baik dari darat maupun dari sungai," ungkap Ridwan Kamil.

Bukan itu saja, Kang Emil juga akan menjadi arsitek pembangunan ulang Pasar Cinde serta penataan bantaran Sungai Musi.

Sebelumnya Gubernur Sumsel H Herman Deru menegaskan Pemprov Sumsel akan berupaya merampungkan sejumlah pembangunan infrastruktur mangkrak yang ada di Sumsel khususnya di Kota Palembang seperti pasar Cinde dan Islamic Center.

Tidak hanya itu, dia juga akan melakukan penataan ulang sungai Musi agar memiliki daya tarik sehingga mendongkrak potensi pariwisata di Bumi Sriwijaya tersebut.

"Pasar Cinde rencananya akan kita (Pemprov Sumsel) ambil alih. Selama tiga tahun mangkrak pembangunannya dan kontak dengan kontraktor juga telah berakhir. Ini harus kita selesaikan karena menimbulkan kesusahan bagi para pedagang," kata Herman Deru.

Sementara Islamic Center, jika dilihat potensinya saat ini belum bisa dilakukan pengerjaan lantaran masih dalam proses hukum. Kemungkinan, Islamic Centre yang sedianya berada di kawasan Jakabaring tersebut akan berpindah lokasi.

"Meskipun ada dana pembangunannya namun tidak disarankan untuk dilanjutkan dulu karena saat ini masih dalam proses hukum. Kemungkinan bisa dibangun di lokasi lain," katanya.

Setelah memastikan akan mengambil alih pembangunan, Herman Deru bersama Kang Emil langsung melakukan peninjauan rencana pembangunan lokasi Islamic Center, Pembangunan Pasar Cinde dan Peninajuan Bantaran Sungai Musi II, kemarin.
Dimana rencana pembangunan itu Gubernur Ridwan Kamil akan menjadi arsiteknya.

Setelah melalukan peninjuan dengan membawa mobil sendiri dan didampingi Kang Emil, Gubernur Herman Deru juga mengajak Kang Emil menyelusuri sungai musi hingga sampai di Pulau Kemaro menggunankan speadboat.

Kang Emil melihat lokasi di Pulau Kemaro itu sangat pas jika dibangunkan Islamic Center selain bersamaan dengan adanya Vihara dan Pagoda, karena ada nilai tambah dari segi wisatanya.

Untuk Pasar Cinde, yang mana sudah berapa lama pembangunannya mangkrak kini Herman Deru akan melanjutkan pembangunannya bahkan dia meminta langsung kepada Kang Emil untuk mendesainnya.

"Untuk Pasar Cinde tadi Pak Herman Deru minta saya untuk didesain. Mudah-mudahan kalau berhasil bisa dibayangkan menjadi kebanggaan Sumsel bahkan juga meningkatnya pariwasata," tuturnya. [rhd/***]


Komentar Pembaca