Hari Pancasila Disaat Pandemi Covid-19

Opini  SELASA, 01 JUNI 2021 | 12:10 WIB | Irmayani

Hari Pancasila Disaat Pandemi Covid-19

Net

Setiap 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia. 

Namun, tahun ini peringatan Hari Pancasila masih di tengah situasi Pandemi Covid19 yang menyebabkan berbagai kegiatan harus dilakukan secara terbatas.
 
Meskipun demikian, tidak menyurutkan semangat untuk terus mengobarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dapat dilakukan secara kreatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19

Sejarah Hari Lahir Pancasila 1 Juni berawal dari kekalahan Jepang pada Perang Asia Timur Raya. Jepang berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Jepang setidaknya menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia sambil menunggu situasi membaik. 

Pada 1 Maret 1945, Kumakichi Harada selaku Jenderal Dai Nippon yang membawahi Jawa, mengumumkan akan dibentuk suatu badan baru dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai. Secara garis besar, BPUPKI dibentuk untuk "menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia.

Setelah  menggelar beberapakali sidang,  kemudian pada hari terakhir, tanggal 1 Juni 1945, Sukarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. 

 (Akhmad Suhaimi, Hukormas RSMH Palembang)


Komentar Pembaca