Sigap Setiap Saat, Petugas Pos Penyekatan Kerja Siang-malam

POLKAM  JUMAT, 14 MEI 2021 | 03:10 WIB

Sigap Setiap Saat, Petugas Pos Penyekatan Kerja Siang-malam

MoeslimChoice.Para Petugas Pos Penyekatan Larangan Mudik 2021 di Pos Nilakandi, Jalan Raya Palembang-Ogan Ilir bekerja keras tanpa kenal waktu. Mereka kerja siang dan malam melakukan pengecekan para pengendara yang akan masuk ke Kota Palembang.

Dipantau menjelang tengah malam ini, Kamis (13/5/2021), terlihat para petugas mulai dari aparat Kepolisian, Dinas Perhubungan, TNI serta Polisi Militer ini berdiri di tengah jalan sambil memerintahkan kendaraan untuk menepi, guna diperiksa kelengkapan dokumen perjalanan.

Ya. Di saat masyarakat Kota Palembang tengah beristirahat usai merayakan Hari Raya Idul Fitri, hal berbeda justru di Pos Penyekatan Nilakandi ini. Para petugas bekerja keras dengan menafikan rasa kantuk dan lelah. Segala bentuk penghalang dan gangguan tugas mereka lawan, demi mencegah penularan Covid-19.

Meski malam hari jumlah kendaraan yang ingin masuk Ke kota Palembang masih tetap ramai. Satu per satu kendaraan diperiksa kelengkapan dokumen. Bagi pengendara yang tak memiliki dokumen lengkap, petugas tanpa basa basi memerintahkan kendaraan untuk putar balik.

Senyum dan hormat diberikan petugas saat menyapa pengemudi kendaraan untuk memeriksa kelengkapan dokumen serta bertanya tujuan masuk Kota Palembang.

"Selamat malam Pak, maaf menganggu perjalanan, sekarang Palembang Zona Merah kalau boleh tahu ada keperluan apa ke Palembang? Boleh diperiksa dokumen perjalanannya pak?  " kata salah satu petugas Kepolisian kepada pengendara mobil seperti dilansir infosumsel.ID.

Usai dinyatakan lengkap oleh petugas tersebut sesuai akan persyaratan seperti Surat Negatif Covid-19 Hasir Rapid Tes Antigen, pengendara pun dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

"Silahkan jalan pak, mohon tetap memakai masker serta patuhi Protokol Kesehatan saat di Palembang, " tuturnya, sambil mempersilahkan melanjutkan perjalanan.

bagi pengendaraan yang tak memiliki dokumen perjalanan, petugas pun dengan tegas memerintahkan untuk putar balik seperti dialami pengendara kendaraan mobil berasal dari Muaraenim yang tujuan ke Palembang untuk mengunjungi kerabatnya serta berwisata di Palembang.

"Aq kiro malam hari dak di jaga dek, dak tahunya masih dijaga pulo, lah jauh-jauh dari dusun nah ke Palembang dak tahunya suruh polisi putar balik, " ujar Adi Prayitno dari Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semendo Darat, Kabupaten Muara Enim.

Diakuinya, dirinya mengetahui ada penyekatan namun dirinya beralasan jika penyekat hanya dilakukan di siang hari. Terlebih di hari pertama Lebaran dirinya memperkirakan terjadi kelonggaran di Pos Penyekatan.

"Aq kiro di hari Lebaran ini dak pulo ketat po lagi malam hari, " tutupnya. [ros]


Komentar Pembaca