Masjid Istiqlal Tidak Gelar Shalat Idul Fitri, Gubernur Anies Apresiasi

NASIONAL  RABU, 12 MEI 2021 | 09:10 WIB | Sunarya Sultan

Masjid Istiqlal Tidak Gelar Shalat Idul Fitri, Gubernur Anies Apresiasi

Foto/net

MoeslimChoice | Apresiasi diberikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada pengurus Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat yang memutuskan tidak menggelar shalat Id terbuka untuk umum pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Sikap Istiqlal untuk meniadakan shalat Idul Fitri kami apresiasi," ujar Anies, Selasa (11/5/2021).

Menurut Anies, keputusan Istiqlal sebagai masjid raya patut ditiru masjid-masjid di Jakarta dan sekitarnya yang juga berstatus masjid raya. Pasalnya, masjid raya seringkali memiliki jemaah yang bukan berasal dari lokasi dekat masjid, tetapi dari tempat-tempat yang jauh.

"Sehingga ini menjadi contoh bagi (pengurus masjid raya) yang lain, anjuran kami adalah untuk masyarakat shalat di masjid di sekitar rumahnya," pungkas Anies.

Kata Anies, kebijakan yang diambil pengurus Istiqlal sesuai dengan kebijakan Pemprov DKI agar masyarakat yang hendak menggelar shalat Idul Fitri tidak memilih masjid yang jauh dari lokasi rumah. Dengan cara demikian, jika terjadi penularan Covid-19 maka pelacakan kasus akan cepat terdeteksi.

"Masyarakat jangan bepergian (shalat Idul Fitri jauh dari rumah), pengelola masjid-masjid raya juga diharapkan tidak secara khusus menyelenggarakan secara besar yang berpotensi penularan," tutur Anies.

Sementara itu, Humas Masjid Istiqlal, Nur Khayin, membenarkan informasi Masjid Istiqlal tidak mengadakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Dia menyebutkan, keputusan lebih lengkap akan dijelaskan melalui keterangan tertulis yang akan diunggah melalui website resmi Masjid Istiqlal.

"Iya benar, nanti keterangan ada di website," ucap dia. [ary]


Komentar Pembaca