PEMUDIK COBA KELABUI PETUGAS

Mulai Towing Car hingga Ambulance dan Truk Ekspedisi Motor

NASIONAL  MINGGU, 09 MEI 2021 | 17:15 WIB

Mulai Towing Car hingga Ambulance dan Truk Ekspedisi Motor

Tingginya animo masyarakat untuk Mudik Lebaran 2021 terlihat dari berbagai modus mereka mengelabui para petugas di Pos Penyekatan. Berbagai modus digunakan mulai dari menumpang mobil yang diangkut Towing Car, ada yang menggunakan ambulance, pun ada yang nekat menggunakan truk ekspedisi motor.

Modus menggunakan truk ekspedisi angkutan sepeda motor ditemukan hari ini diKM 31 Jalan Tol Cikupa. Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Pos Penyekatan Cikupa-Merak, Komisaris Besar Jati mengatakan bahwa setidaknya ada 10 penumpang yang hendak mudik menggunakan mobil tersebut. Semuanya karyawan perusahaan motor tersebut.

Menurut dia, mereka menumpang truk tidak bayar. Mereka pegawai atau buruh Perusahaan Otomotif juga. Mereka tidak dilengkapi dokumen yang memperbolehkan perjalanan mudik. Karenanya, aparat melakukan penilangan dengan pasal 303 UU No. 22 tahun 2009 yang ancaman pidana kurungan selama 1 bulan atau denda Rp250 ribu.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengungkapkan sejumlah cara yang dilakukan oleh calon pemudik dan berhasil diketahui oleh aparat selama tiga hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2021.

Kendati demikian, menurut dia, modus-modus itu sebetulnya cara lama. Di antaranya terdapat calon pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum ilegal. Hal itu merupakan cara yang banyak dijumpai oleh kepolisian.

Sebelum masa pemberlakuan larangan mudik pada 6 Mei lalu, polisi bahkan telah mengamankan sekitar 159 unit travel gelap. Pihaknya juga sempat menemukan calon pemudik yang mencoba mengelabui dengan menumpang truk.

"Bahkan, salah satunya petugas menemukan calon pemudik itu berada di sela-sela motor yang diangkut oleh truk ekspedisi di KM 31 Tol Cikupa," kata dia.

Dalam video yang diunggah kepolisian pada akun Instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, terlihat sekelompok pemudik terciduk sedang bersembunyi pada lantai dasar bak truk pengangkut sepeda motor itu.

Terakhir, kata dia, terdapat calon pemudik yang menumpang di ambulance. Hanya saja, Sambodo tak merinci lebih lanjut mengenai lokasi persis temuan modus itu. Yang keempat pemudik menggunakan ambulans ada. Yang belum ketemu, pemudik naik mobil di towing.[ros]


Komentar Pembaca