Operasional Pabrik Pan Brothers Kembali Normal Usai Didemo Lantaran THR

EKONOMI  KAMIS, 06 MEI 2021 | 16:30 WIB | Sunarya Sultan

Operasional Pabrik Pan Brothers Kembali Normal Usai Didemo Lantaran THR

Foto/net

MoeslimChoice | Operasional pabrik di Boyolali, Jawa Tengah menurut PT Pan Brothers Tbk saat ini sudah kembali normal. Proses produksi sudah berjalan seperti biasanya setelah sebagian karyawan melakukan unjuk rasa karena pembayaran tunjangan hari raya (THR) dicicil.

"Hari ini, Kamis, 6 Mei 2021, pabrik telah berproduksi secara normal," jelas Vice Chief Executive Officer Pan Brothers Anne Patricia Sutanto dalam keterangan resmi, Kamis (6/5/2021).

Pembayaran THR dicicil diakuinya karena likuiditas perusahaan sedang mengetat. Hal ini karena ada pemotongan modal kerja (bilateral) dari perbankan, sehingga arus kas perusahaan terganggu.

"Demi menjaga kelangsungan pabrik supaya tetap bekerja penuh tanpa terjadi pengurangan pekerja, perusahaan perlu membagi berbagai arus dana pembayaran ke supplier dan pihak terkait lain dengan membayar THR secara bertahap," beber Anne.

Lanjut Anne, fasilitas bilateral yang diterima Pan Brothers dari perbankan saat ini tersisa 10 persen. Dengan demikian, keuangan perusahaan menjadi lebih terbatas.

"Kami harus mengatur arus kas sebaik-baiknya," tukas Anne.

Anne memastikan pembayaran THR maksimal dilakukan bertahap sebanyak lima kali. Namun, manajemen akan mempercepat proses pembayaran kalau keuangan perusahaan membaik.

"Jika likuiditas tersedia di mana pihak perbankan mengaktifkan sebagian fasilitas kami, pembayaran THR otomatis akan dipercepat dan terselesaikan paling lambat September 2021," paparnya.

Seperti diketahui, sebagian karyawan PT Pan Brothers Tbk melakukan unjuk rasa di depan pabrik perusahaan yang berada di Boyolali, Jawa Tengah. Hal ini terungkap dalam unggahan video viral di Youtube dengan durasi 0,3 detik.

Mereka melakukan unjuk rasa menggunakan seragam kantor Pan Brothers. Sesekali karyawan berteriak, tetapi tidak terdengar jelas apa yang dikatakan oleh karyawan tersebut.

Video tersebut diunggah oleh akun bernama MKA channel pada 5 Mei 2021. Dalam keterangannya, ia menuliskan unjuk rasa dilakukan terkait pembayaran gaji dan THR.

"Gara-gara THR dan gaji dicicil jadi bikin ribut di PT Pan Brothers," tulis akun MKA chanel. [ary]


Komentar Pembaca