Oman Larang Kegiatan Komersial Mulai 8 Hingga 15 Mei, Termasuk Shalat Idul Fitri

Internasional  SELASA, 04 MEI 2021 | 09:30 WIB

Oman Larang Kegiatan Komersial Mulai 8 Hingga 15 Mei, Termasuk Shalat Idul Fitri

foto/net

Oman akan mengadakan jam malam yakni melarang pergerakan orang dan kendaraan mulai jam 7 malam hingga 4 pagi, mulai 8 Mei hingga 15 Mei 2021, kantor berita Oman mengatakan pada Minggu (2/5), mengutip Komite Tertinggi untuk Memerangi penyebaran virus corona.

Oman juga akan melarang aktivitas komersial sepanjang hari selama periode yang sama, kecuali toko makanan, pompa bensin, institusi kesehatan, dan apotek. 

Layanan pengiriman ke rumah untuk semua barang juga dibebaskan. Keputusan itu diambil setelah pertemuan komite tertinggi yang diketuai oleh Menteri Dalam Negeri Oman, Hammoud bin Faisal Al-Busaidi, tentang perkembangan pandemi covid-19.

Kesultanan Oman juga mengatakan, bahwa pegawai pemerintah akan bekerja dari rumah (work from home) mulai 9 Mei hingga 11 Mei 2021, dan mendesak perusahaan sektor swasta untuk menerapkan rencana keberlangsungan bisnis dengan bekerja dari jarak jauh dan mengurangi jumlah pegawai yang harus datang ke tempat kerja.

Panitia tertinggi juga menginstruksikan masyarakat untuk tidak melaksanakan Shalat Idul Fitri dan pergi ke pasar tradisional, serta melarang segala jenis arisan dan hajatan di berbagai lokasi, termasuk pantai, taman dan taman umum, pada saat Idul Fitri.

Idul Fitri, juga disebut "Festival Berbuka Puasa" atau Idul Fitri, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk menandai akhir bulan puasa Ramadhan. 

Tahun ini, diharapkan Idul Fitri akan jatuh pada 12 Mei. Komite tersebut mengatakan langkah-langkah tersebut bertujuan untuk "melindungi masyarakat dari pandemi dan risiko kesehatan yang besar," dan menyerukan kepada masyarakat untuk mematuhinya dan menghindari pertemuan selama sisa Ramadhan dan selama libur Idul Fitri.

Komite menambahkan, bahwa keputusan tersebut terus ditinjau sesuai dengan perkembangan epidemiologi. [mt]


Komentar Pembaca