Kemenag: Shalat Pakai Masker, SAH!

POLKAM  SENIN, 03 MEI 2021 | 15:10 WIB

Kemenag: Shalat Pakai Masker, SAH!

Viralnya video seorang pria bermasker dilarang shalat di masjid di Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, telah menimbulkan tanda tanya dalam diri sebagian umat Islam di Indonesia. Sebab pria bernama Roni Oktavian itu diusir oleh pengurus masjid.

Menanggapi kasus ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan,  menenakan masker ketika melaksanakan shalat di masa Pandemi Covid-19 sah.

"Memakai masker saat shalat, tetap sah. Tidak ada satu pun pendapat ulama yang mengatakan tidak sah," tegas Dirjen di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Tak hanya itu. Kamaruddin bahkan mengatakan, jamaah wajib membuat saf shalat berjarak di tengah pandemi saat ini. Saf yang berjarak sekaligus memenuhi prinsip jaga jarak untuk melindungi diri.

"Bukan hanya sah tapi wajib dilakukan dalam rangka melindungi jiwa," tegasnya.

Kembali ia menegaskan bahwa saf berjarak dan mengenakan masker merupakan bagian protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.  

Dengan penjelasannya ini, Kamaruddin berharap tidak terjadi lagi persoalan seperti vido yang viral di media sosial belakangan ini.  Di video itu seorang pengurus Masjid Al Amanah di Harapan Indah, Kota Bekasi, Jawa Barat, bersama dua rekannya berupaya mengusir seorang warga yang memakai masker.

Dengan viralnya video tersebut, Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rahmat mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa (27/4/2021). Dirinya langsung ke lokasi begitu mendapat kabar tentang insiden tersebut.

Pihaknya memdiasi perbedaan pendapat antara warga yang bernama Roni Oktavian dengan si pengurus masjid. Persoalan itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan.[ros]


Komentar Pembaca