Alhamdullilah! Vaksin Covid-19 Sudah Mencapai 16 Juta Dosis

Kesehatan  MINGGU, 18 APRIL 2021 | 21:15 WIB

Alhamdullilah! Vaksin Covid-19 Sudah Mencapai 16 Juta Dosis

net

MoeslimChoice. Vaksinasi Covid-19 terus digencarkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menargetkan 1 juta penyuntikkan per hari pada Juli 2021.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, hingga pertengahan April 2021, vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 16 juta dosis suntikan.

"Dua minggu yang lalu Indonesia telah mencapai 10 juta dosis suntikan. Namun hingga kemarin (jangka waktu 2 minggu) vaksinasi telah mencapai 16 juta dosis suntikan," ujar Menkes Budi dalam webinar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Minggu, (18/4/2021).

Melihat hasil ini, Menkes Budi mengaku merasa bangga, lantaran hal ini menunjukkan Indonesia termasuk negara dengan tingkat vaksinasi tercepat dan terbanyak, di antara semua negara yang belum mampu memproduksi vaksinnya sendiri.

"Pembelian vaksin ini memang menjadi rebutan di negara negara yang tidak memproduksinya dikarenakan lonjakan kasus di India," terang Menkes Budi.

Mengingat kini Indonesia mengandalkan India, China, dan Rusia untuk mengimpor vaksin Covid-19. Namun sayangnya India sedang memprioritaskan untuk warganya karena lonjakan kasus Covid-19 yang mencapai 1 juta infeksi baru dalam waktu seminggu.

Sedangkan vaksin Covid-19 Sinovac asal China, menjadi andalan vaksinasi di Indonesia, apalagi proses pengirimannya terbilang lancar. Seperti hari ini Indonesia kembali menerima 6 juta dosis vaksin Sinovac.

"Kementerian Kesehatan diamanahkan untuk melakukan vaksinasi 100 persen, dari total populasi 18 tahun keatas yaitu total 181,5 juta rakyat Indonesia yang berusia diatas 18 tahun," pungkas Menkes Budi. [irm]


Komentar Pembaca