Dua Masjid Suci Arab Saudi, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Mulai Laksanakan Shalat Tarawih

Kabar Tanah Suci  SELASA, 13 APRIL 2021 | 22:45 WIB

Dua Masjid Suci Arab Saudi, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Mulai Laksanakan Shalat Tarawih

foto/net

Para jamaah di Masjidil Haram, Makkah dan di Masjid Nabawi, Madinah telah mulai melakukan Shalat Tarawih pertama pada Senin (12/4) di tengah langkah-langkah COVID-19 yang ketat.

Raja Salman mengeluarkan keputusan, yang menyetujui diadakannya Shalat Isya di Masjid-masjid di seluruh Arab Saudi selama bulan suci Ramadhan, tetapi itu digabungkan dengan Shalat Isya, seperti dikutip dari Arabnews, Minggu (11/2).

Raja Salman dalam keputusannya, juga mengatakan bahwa hanya jamaah yang telah divaksinasi atau kebal yang akan diizinkan memasuki Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, dan mereka yang tidak memiliki izin akan didenda besar dalam upaya mencegah penyebaran virus.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi, mengatakan telah meningkatkan operasi desinfeksi dan sterilisasi, dan mendistribusikan botol air Zamzam sekali pakai ke aula, area, alun-alun, dan kepada pengunjung, secara umum.

Pihak berwenang mengatakan, telah merekrut lebih dari 100 personel untuk menyambut jamaah di pintu masuk dan mengarahkan mereka ke tempat yang ditentukan dan memasang titik penyaringan. 

Kamera termal telah dipasang untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit di antara mereka yang memasuki area Masjid.

Sementara itu, Kementerian Agama Islam menyatakan, telah menyelesaikan semua persiapan untuk menyambut datangnya bulan suci umat Islam, Ramadhan. 

Program-program tersebut meliputi sejumlah kegiatan, yakni pendistribusian Kurma melalui Islamic Center dan atase keagamaan ke sejumlah negara, inisiatif buka puasa Raja Salman di 16 negara, kampanye pembatasan penyebaran virus corona di Masjid, serta rangkaian kegiatan kuliah virtual sepanjang bulan Ramadhan.

Kementerian juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) ke semua Masjid, meminta para Imam dan Muazin untuk melaksanakan Shalat Maghrib dan Isya selama dua jam selama Ramadhan. 

Disebutkan pula bahwa waktu tunggu antara adzan dan Iqama (dimulainya waktu Shalat) adalah 10 menit, kecuali untuk Shalat Shubuh, yang akan menjadi 20 menit. [mt]


Komentar Pembaca