Awas! Gubernur Perketat Pintu keluar-Masuk Sumut

Daerah  SELASA, 13 APRIL 2021 | 16:15 WIB

Awas! Gubernur Perketat Pintu keluar-Masuk Sumut

net

Selama Ramadan 2021, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginstruksikan jajarannya dan seluruh kepala daerah di Sumut untuk menjaga pintu keluar-masuk ke Sumut.

Langkah ini untuk menekan mobilitas masyarakat sekaligus mencegah masyarakat yang nekat melakukan mudik lebaran.

Langkah yang diambil Edy Rahmayadi menindaklanjuti dari keputusan pemerintah pusat yang melarang masyarakat melakukan mudik di lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Larangan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Hari Raya Idul Fitri.

"Saya meminta kepada seluruh kepala daerah melakukan pengetatan dan merumuskan syarat bagi warga yang hendak berpergian selama bulan ramadan di tengah pandemi Covid-19," kata Edy Rahmayadi, Selasa (13/4/2021).

Edy mengimbau kepada masyarakat untuk menggelar silaturahmi dengan keluarga secara virtual. Sementara itu, bagi aparatur sipil negara (ASN) maupun pihak swasta bisa berpergian selama memiliki surat tugas dari instansi terkait.

"Harus ada surat tugas dari pimpinan dari instansi terkait tempat mereka bekerja. Saya minta para ASN di hari raya jangan ada berpergian," ujar Edy.

Diketahui, pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudi terhitung tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Larangan mudik ini berlaku dari semua pihak baik ASN, pegawai BUMN, pegawai swasta dan masyarakat umum. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 akibat tingginya mobilitas masyarakat jika mudik diperbolehkan. [irm]


Komentar Pembaca