Niat Puasa, Berbuka dan Keutamaannya

Kajian  SENIN, 12 APRIL 2021 | 13:15 WIB | Irmayani

Niat Puasa, Berbuka dan Keutamaannya

ilustrasi

Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim. Mereka berlomba-lomba beribadah sebanyak-banyaknya.

Bagaimana tidak, Allah menjanjikan surga bagi orang yang beribadah di bulan Ramadan.

Sebagaimana tertuang dalam hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda:

"Ketika Ramadan datang, semua pintu surga dibuka, pintu neraka semua ditutup, dan setan dibelenggu di dalamnya," (HR Bukhari Muslim).

Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat Muslim pada bulan suci Ramadan adalah berpuasa selama satu bulan penuh. Artinya, jika ada seseorang yang meninggalkan puasa Ramadan tanpa alasan yang dibenarkan, maka orang tersebut akan berdosa.

Perintah mengenai wajib melaksanakan puasa Ramadhan ini tertulis di surat Al Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Puasa Ramadan terbagi menjadi tiga fase. 10 hari pertama adalah rahmat (kasih sayang), 10 hari kedua maghfirah (pengampunan), dan 10 hari ketiga adalah itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).

Lalu, bagaimana bacaan niat dan doa berbuka puasa Ramadan? Apa saja keutamaan puasa Ramadan? Berikut informasinya.

Niat Puasa Ramadan

Sebelum beribadah, tentu kita harus membaca niat terlebih dahulu. Niat puasa Ramadhan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, tulus, dan dibaca pada malam hari sampai menjelang fajar. Jika lewat dari waktu tersebut, puasa yang dijalankan menjadi sia-sia.

Berikut bacaan niat puasa Ramadan lengkap dengan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala.
Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Doa Berbuka Puasa Ramadan

Setelah berpuasa seharian, umat Muslim berbuka puasa pada saat adzan maghrib dikumandangkan. Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, kita harus memanjatkan doa terlebih dahulu sebelum berbuka puasa. Berikut bacaan doanya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Puasa Ramadan

Seperti disebutkan di atas, bulan Ramadan adalah momen yang tepat bagi umat Muslim untuk banyak beribadah, termasuk berpuasa. Bukan tanpa alasan, berpuasa selama bulan Ramadhan memang memiliki banyak keutamaan. Di antaranya sebagai berikut:

# Dosa Masa Lalu Akan Diampuni

Apabila seseorang melakukan ibadah puasa Ramadan dengan ikhlas, tulus, dan tanpa paksaan, dosa-dosanya di masa lalu akan diampuni. Hal ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Rasulullah bersabda:

"Siapapun yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosanya di masa lalu akan diampuni," (HR Bukhari Muslim).

# Dilipatgandakan Pahalanya

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap tindakan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan, tindakan yang baik akan dilipatgadakan pahalanya hingga 700 kali. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku." Ada dua kebahagiaan bagi orang berpuasa, pertama ketika dia berbuka, dan yang lain ketika dia bertemu Tuhannya, dan bau mulut orang berpuasa lebih baik di hadapan Allah daripada aroma minyak misk," (HR Bukhari).

# Doanya Dikabulkan

Saat berdoa, ada beberapa waktu yang mustajab agar doa yang dipanjatkan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah doa orang berpuasa, apalagi bagi mereka yang berpuasa di bulan suci Ramadhan. Hal ini juga disebut dalam hadits riwayat Tirmidzi:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi” (HR. Tirmidzi; hasan)

# Rukun Islam yang Ketiga

Seperti yang telah diketahui, berpuasa termasuk dalam rukun Islam yang ketiga. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim:

"Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan’”.

# Dibukakan Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Pada bulan Ramadan, pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka akan ditutup, dan setan-setan akan dibelenggu. Karena itu, puasa Ramadan menjadi salah satu cara untuk menuntun umat Muslim lebih dekat dengan pintu surga. [irm]


Komentar Pembaca
Anang Masuk Rumah Sakit

Anang Masuk Rumah Sakit

Rabu, 23 Juni 2021 | 18:30

Jogja Batal Lockdown

Jogja Batal Lockdown

Rabu, 23 Juni 2021 | 16:05