Kisah Marcell Darwin Setelah memutuskan Jadi Mualaf

Islamtainment  KAMIS, 08 APRIL 2021 | 09:25 WIB

Kisah Marcell Darwin Setelah memutuskan Jadi Mualaf

net

Marcell Darwin memutuskan mendalami Islam dan kini menjadi seorang mualaf. Ia menjadi mualaf sebelum akhirnya menikah dengan sang istri, Nabila Faisal atau Fasty Nabila.

Keputusan Marcell Darwin pindah agama bukan perkara yang mudah. Namun, ia mampu membuktikan bahwa dirinya perlahan bisa menjadi seorang Muslim yang taat.

Marcell Darwin memutuskan untuk beralih agama dari seorang Nasrani menjadi Muslim. Penuturan tersebut dikonfirmasi langsung oleh A’a Reza, ustaz yang mengislamkannya setelah Marcell menikah dengan Nabila pada Januari 2020 lalu.

“Sudah dua bulan yang lalu atau tiga bulan yang lalu gitu (Marcell jadi mualaf). Karena memang ayahnya (Marcell) juga ‘kan Islam, kakaknya juga muslim. Jadi, memang keluarga ini keluarga yang multi agama, gitu,” kata A’a Reza, Kamis (8/4/2021).

Marcell juga banyak menimba ilmu agama dari ustaz yang mengislamkannya, A’a Reza. Setelah sang anak lahir, keinginan Marcell tak banyak, yakni ingin anaknya paham agama.

Kisah mualaf Marcell Darwin kemudian bisa dijadikan inspirasi dan pembelajaran bagi masyarakat luas.

Menurutnya, aktor blasteran Jerman ini lahir dari orangtua beda agama, ayahnya merupakan seorang Muslim.

Setelah menikah dengan Fasty Nabila, Marcell mengaku menghamili istrinya lebih dulu sebelum keduanya menjadi sepasang suami istri. Untuk itu, mereka sempat berpikir untuk ijab qabul ulang lantaran mempertimbangkan ajaran-ajaran agama Islam soal si buah hati.

Pengakuan mengejutkan itu, Marcell dan Nabila lontarkan di kanal YouTube-nya. Mereka mengaku bahwa Nabila hamil sebelum menikah yang membuat keduanya harus mempercepat pernikahan mereka.

Namun, ia menegaskan bahwa hamil duluan bukan alasan mengapa keduanya menikah. Memang sejak pacaran, Nabila dan Marcell berencana untuk lanjut ke pelaminan.

“Intinya, gue sudah hamil, kalau bilang ‘oh pantesan lu nikah’ engga, emang kita sudah merencanakan pernikahan. Cuman emang godaan yang datang dari kita bentuknya seperti itu. Menurut gue anak itu berkah, jadi gue akan senang hati,” tuturnya.

Setelah mualaf, Marcell Darwin mulai memperdalam ilmu agama bersama istrinya. Ia mengaku dikenalkan dengan nilai-nilai Islam oleh sang istri dan A’a Reza. Pria 30 tahun itu kemudian mulai menerapkan ajaran-ajaran agama barunya dalam kehidupan.

Termasuk sempat mempertimbangkan untuk ijab qabul ulang lantaran Nabila hamil lebih dulu sebelum nikah. Pasalnya dalam Islam, kalau istri hamil duluan, anak yang lahir tak bisa mendapat hak waris jika Marcell meninggal dunia.

Selain itu, jika si bayi lahir dengan jenis kelamin laki-laki, dia tak bisa menjadi wali untuk adiknya kelak bila kemungkinan memiliki adik perempuan.

Mereka lantas disarankan untuk melakukan ijab qabul ulang setelah sang buah hati lahir. Mereka akan berdiskusi dengan tokoh agama lebih dulu soal hal itu.

“Kebanyakan komen itu menyuruh kita untuk menikah lagi, banyak banget masukan yang kita akan pertimbangkan lagi. Tapi itu semua pelajaran yang kita dapat dari kalian, karena sebelumnya kita sama sekali gak tahu. Akhirnya kita akan berdiskusi, akan konsultasi sama orang yang lebih mengerti, ustaz salah satunya apakah nanti pas baby kita lahir, kita harus menikah lagi atau pernikahan kemarin sudah sah dan lain-lain,” pungkas Nabila.

Lebih jauh, Marcell juga pernah menceritakan pengalaman saat pertama kali salat berjamaah di masjid. Kala itu, Marcell belum tahu kalau shaf salat berjamaah harus berdekatan dengan jamaah lainnya. Sehingga, ia memisahkan diri dari jamaah lain.

“Dia (Nabila) gak ngasih tahu gue kalau salat jamaah itu harus rapat (shafnya), ada imamnya di situ. Gue malu masih belum bisa apa-apa gue menjauh aja, gue dipanggil sama orang, (Marcell) ‘kenapa-kenapa, maaf saya mualaf gak apa-apa depan aja’, ‘engga kalau salat harus mepet’, ‘oh okay’. Nabila gak cerita sama gue’, gue malu sendiri,” ujarnya.

Nabila pun turut memberikan tanggapan setelah mengingat kejadian lucu tersebut. Ibu satu anak ini juga mengungkapkan bagaimana reaksi Marcell saat diminta untuk bergabung dengan jamaah lainnya.

“Gue udah bilang sama dia, ini biasanya Maghrib kalian ada yang imamin, jadi berjamaah, ‘oh ya sudah okay‘. Dia ditarik-tarik, dia ngerasa kayak ‘ngapain sih gue ditarik-tarik’,” ungkapnya.

Namun hal itu lantas tak membuat Marcell menyerah untuk menunaikan ibadah. Ia juga sudah melewati ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri pertama kali 2020 kemarin. Marcell banyak bertanya kepada istrinya tentang aturan-aturan dalam Islam saat puasa. Dalam kanal YouTube-nya, Marcell juga diajarkan mengucap niat puasa dengan lancar.

Meski banyak godaan saat menjalani ibadah puasa, namun Marcell dapat mengambil hikmah itu semua dalam hidupnya, terutama soal arti kesabaran. Saat lebaran, Marcell menjadi imam untuk istrinya menunaikan ibadah salat ied.

“Alhamdulillah bisa, 7 kali takbir, yang kedua 5 kali takbir aku ingat banget. Insya Allah apa yang aku lakuin benar, dan diterima ya, Aamiin,” kata Marcell.

Keputusan Marcell Darwin mualaf membuatnya semakin memperdalam ilmu agama. Ia belajar dengan A’a Reza, ustaz yang mengislamkannya. Ia juga berharap anaknya juga mengerti akan syariat-syariat islam.

“Aa Reza kan saudara istri gue, jadi gue main kesana, ngobrol-ngobrol, belajar. Cari tahu apa yang harus kita dalami. Harus dong, anak harus diajarin soal agama,” katanya. [irm]


Komentar Pembaca