Dukung Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov DKI Sediakan 50 Bus Sekolah

Berita  RABU, 07 APRIL 2021 | 22:55 WIB | Deman

Dukung Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov DKI Sediakan 50 Bus Sekolah

foto/net

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan 50 bus sekolah yang dioperasikan untuk layanan antar jemput siswa di lima wilayah Ibu Kota. Hal itu dilakukan bersamaan dengan dimulainya program sekolah tatap muka, yang telah dimulai hari ini, Rabu (7/4). 

Seluruh bus sekolah tersebut disiagakan di rute dan zona yang telah ada dan disesuaikan dengan sekolah yang telah menggelar tatap muka hingga 29 April 2021.

Dengan digelarnya sekolah tatap muka bagi sekolah yang ditunjuk, Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas), Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Ali Murtadho mengatakan, bahwa telah disediakan 50 unit awak bus sekolah, dari 100 awak bus yang direncanakan pada hari pertama pelaksanaan Sekolah Tatap Muka. Armada bus ini akan beroperasi pada pukul 04.30 - 17.30 WIB, menyesuaikan jadwal kelas.

"Kita sudah melakukan persiapan dan mengantisipasi adanya siswa yang pulang pergi menggunakan angkutan umum, jadi untuk armada sudah tidak masalah," ujar Ali Murtadho.

Lebih jauh, Ali menjelaskan, sebelum beroperasi untuk layanan antar jemput siswa, seluruh armada bus sekolah sudah disemprot disinfektan dan dilakukan penguapan pada 4-6 April 2021, sehingga bus sudah steril, aman dan nyaman untuk digunakan para pelajar.

"Sasaran sekolah untuk layanan antar jemput siswa ini dilakukan di 85 sekolah yang ada di lima wilayah Ibu Kota, jadi perlu adanya penambahan armada yang setiap saat dapat digunakan," jelasnya.

Untuk wilayah Jakarta Timur, hanya diperbolehkan tatap muka untuk 25 sekolah, Yaitu, SD, SMP dan SMA. Sementara untuk SMK, saat ini masih menunggu keputusan dari pihak sekolah atas laporan keadaan sekolahnya, apakah sudah layak dibuka bagi para siswa ataukah belum.

Dukungan antar jemput bagi siswa yang berada di Jakarta Timur, telah tersedia armada bus sekolah dengan rute  Zonasi 1 (Pondok Gede-Ranco Pasar Minggu), dan Zonasi 7 (Rawamangun–Cikini), Zonasi 8 (Lubang Buaya-Ranco Pasar Minggu), Rute 3 (TMII-Gandaria Pekayon) dan Rute 4 (Perintis Kemerdekaan-Pondok Kopi). [mt]


Komentar Pembaca