Nekat Mudik, ASN Bersiaplah untuk Dipecat

POLKAM  RABU, 07 APRIL 2021 | 20:30 WIB

Nekat Mudik, ASN Bersiaplah untuk Dipecat

Pemerintah sudah mengeluarkan Larangan Mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021. Bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), ada aturan khusus untuk itu yaitu Surat Edaran No. 8 Tahun 2021, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo.

Dalam SE ini MenPANRB menegaskan bahwa ASN yang melanggar aturan Mudik Lebaran 2021 diancam sanksi mulai dari hukuman disiplin dengan yang terberat berupa pemberhentian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ini rincian ketentuan dalam Surat Edaran No. 8 Tahun 2021:
Memberikan hukuman disiplin kepada pegawai ASN yang melanggar hal tersebut sesuai dengan ketentuan.

Sanksi bagi PNS itu sesuai ketentuan PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. PP tersebut mengatur tiga jenis hukuman disiplin, yakni ringan, sedang dan berat.

Hukuman Disiplin Ringan dapat berupa teguran lisan, tertulis, dan pernyataan tidak puas secara tertulis.

Hukuman Disiplin Sedang bisa berupa penundaan kenaikan gaji dan kenaikan pangkat selama satu tahun, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Hukuman Disiplin Berat dapat berupa penurunan pangkat selama tiga tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, dan pemberhentian tidak dengan hormat.

Bagi PPPK, sanksi yang dikenakan sesuai ketentuan pada PP No. 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

MenPANRB menegaskan, larangan mudik dan cuti pada 6-17 Mei 2021 dibuat demi menekan penularan covid-19 akibat peningkatan mobilisasi masyarakat. [ros]


Komentar Pembaca